Asprov PSSI DIY Bersyukur Mandala Krida Jadi Venue Piala Dunia U-20

PSIM melawan Martapura FC menjadi pertandingan sepak bola profesional pertama di Stadion Mandala Krida, Jogja, setelah direnovasi, Kamis (15/8/2019). - Harian Jogja/Galih Eko Kurniawan
23 Januari 2020 19:47 WIB Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI DIY Ahmad Sauqi Suratno  bersyukur atas penunjukan Stadion Mandala Krida sebagai satu dari enam stadion penyelenggara Piala Dunia U-20 2021. Asprov PSSI DIY masih menunggu surat resmi dari PSSI.

“Secara organisasi kami masih menunggu surat dari PSSI. Sebab, surat ini penting menyangkut banyak hal, termasuk petunjuk yang akan kami lakukan,” kata mantan Ketua BLAI ini kepada Harian Jogja, Kamis (23/1/2020) sore.

Menurut Sauqi,  jauh sebelum Mandala Krida dinyatakan sebagai venue Piala Dunia U-20, Asprov sudah bersiap diri dan berkoordinasi dengan sejumlah pihak.

“Proses ini terus kami lakukan, dan sampai sekarang masih terus berjalan,” ucap Sauqi.

Sebelumnya, Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY yang menjadi pengelola Mandala Krida masih menunggu gambaran terperinci mengenai hal-hal yang harus dibenahi. Mandala Krida telah dikunjungi perwakilan FIFA pada Desember lalu. Namun, sampai sekarang BPO belum mendapatkan penjelasan lengkap mengenai fasilitas di stadion yang harus dibenahi.

“Kami menunggu surat resmi dan gambaran detailnya. Sejauh ini proses pengadaan tetap berjalan,” kata Kepala BPO Disdikpora DIY Eka Heru Prasetya.

Menurut Eka, Pemda DIY telah menganggarkan Rp60 miliar untuk melengkapi kelayakan Stadion Mandala Krida sebagai venue Piala Dunia U-20. Anggaran tersebut berasal dari APBD Pemda DIY 2020 dan telah disetujui oleh DPRD DIY.

“Sekarang tinggal lelang saja. Mudah-mudahan Maret sudah bisa dikebut. Kemarin dari FIFA dan PSSI sempat meminta agar lampu, score board, single seat dan sejumlah kelengkapan pertandingan dan ruang ganti segera dilengkapi,” lanjutnya.

“Kami tinggal tinggal tunggu gambarannya, karena harus disesuaikan dengan standar FIFA.”

Stadion Mandala Krida di Kota Jogja resmi menjadi satu dari enam stadion penyelenggara Piala Dunia U-20 2021. Kepastian itu diungkapkan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

“Keenam stadion itu adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, Stadion Pakansari di Bogor, Stadion Manahan di Solo, Stadion Manala Krida di Jogja, Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya dan Stadion Kapten I Wayan Dipta di Bali,” ujar Sekretaris Kemenpora Gatot S. Dewa Broto.

Gatot mengumumkan enam stadion penyelenggara berdasarkan risalah rapat Piala Dunia FIFA U-20 2021. Turnamen global untuk pemain berusia muda itu akan berlangsung pada 24 Mei sampai dengan 12 Juni tahun depan.