Tayangkan Liga Inggris, Alasan Helmi Yahya Dicopot dari Jabatan Dirut TVRI

Helmi Yahya saat memberikan keterangan di Pulau Dua Restoran, Jakarta Pusat, Jumat (17/1/2020) - JIBI/Bisnis.com/Ria Theresia Situmorang
17 Januari 2020 19:07 WIB Ria Theresia Situmorang Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Helmy Yahya mengungkapkan alasan pemberhentiannya sebagai Direktur Utama (Dirut) TVRI oleh Dewan Pengawas lembaga penyiaran publik itu sejak Kamis (16/1/2020). Sebelum dilengserkan, Helmy Yahya adalah Dirut TVRI periode 2017-2022.

"Saya dilantik menjadi Dirut TVRI per 29 November 2017. Dihitung tepat dua tahun ditambah 47 hari. Saya menjadi Dirut TVRI penunjukkannya adalah lima tahun dan ditolak pembelaan saya," ujar Helmi Yahya, Jumat (17/1/2020).

Dalam pemaparannya, Helmi Yahya menyebutkan Dewan Pengawas menitikberatkan pada empat masalah seperti ketidakjelasan tentang pembelian program Liga Inggris dan mutasi pejabat struktural yang tidak sesuai norma, standar dan prosedur. 

"Nah ini yang luar biasa, saya dianggap melanggar asas AUPB cfm. UU No.30 tahun 2014 berkenaan penunjukan/pengadaan kuis Siapa Berani. Semua tahu kuis Siapa Berani itu acara saya yang pernah tayang di RCTI hingga ANTV yang saya rela tidak dapat hak royalti," ujar Helmy. 

Terakhir, Helmi Yahya juga disebutkan mendapatkan pengawasan yang ketat dari Dewan Pengawas.

"Saking cintanya, saya dapat surat dari Dewan Pengawas setiap dua hari sekali. Saking cintanya, saya ke Bandung pun harus lapor dan setiap hari harus masuk," kata Helmi Yahya.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia