Jokowi Minta Sarana & Prasarana Piala Dunia U-20 Disiapkan Matang

Stadion Utama Gelora Bung Karno merupakan venue utama Piala Dunia U-20 2021. - JIBI/Bisnis.com/Dedi Gunawan
17 Januari 2020 22:27 WIB Amanda Kusumawardhani Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengingingkan sarana prasarana pelaksanaan Piala Dunia U-20 pada tahun depan disiapkan secara matang. Presiden Jokowi menyebutkan sudah ada 10 stadion disiapkan untuk turnamen pemain muda tersebut, yakni enam stadion utama dan empat stadion cadangan.

“Saya minta betul-betul ini dicek ke lapangan, harus betul-betul representatif untuk pertandingan kelas dunia. Dimulai dari lingkungan, lapangannya, tempat duduknya, ruang gantinya, toiletnya, sampai ruang persnya,” ujarnya ketika memberikan sambutan dalam rapat terbatas mengenai Persiapan Penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 pada Jumat (17/1/2020).

Kepala Negara juga minta adanya detil konektivitas antara stadion dengan sarana transportasi dan lokasi akomodasi para peserta Piala Dunia U-20. Dia menegaskan bahwa konektivitas ini penting karena pelayanan yang prima akan mendukung performa para atlet yang bermain.

“Yang ketiga, manfaatkan event ini untuk promosi Indonesia kepada dunia. Ingat bahwa Piala Dunia U-20 ini akan jadi pusat perhatian spotlight dunia karena event ini akan diikuti oleh 24 negara dari lima benua,” ucap Jokowi.

Indonesia resmi ditunjuk oleh FIFA menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 24 Oktober 2019. PSSI mengajukan 10 stadion dari beberapa kota sebagai venue atau lokasi pertandingan.

Ke-10 stadion itu yakni Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta, Wibawa Mukti di Cikarang, Pakansari di Bogor, Patriot Candrabhaga di Bekasi, Mandala Krida di Jogja, Manahan di Solo, Jakabaring di Palembang, Si Jalak Harupat di Bandung, Gelora Bung Tomo di Surabaya, dan Stadion I Wayan Dipta di Gianayar, Bali.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia