Gedson Fernandes, Mutiara Baru Tottenham Hotspur

Gedson Fernandes - Evening Standard
15 Januari 2020 22:37 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Liga Premier Inggris terus menjadi ajang pembuktian bintang dari Portugal. Setelah era Cristiano Ronaldo, Nani hingga Bernardo Silva, kini Gedson Fernandes bersiap mencuri perhatian di kompetisi terbaik sejagat tersebut.

Gedson resmi hijrah dari Benfica ke Tottenham Hotspur dengan status pinjaman selama 18 bulan pada bursa transfer Januari.

Gelandang 21 tahun ini sekaligus menjadi rekrutan pertama Jose Mourinho selepas melatih Lilywhites, julukan Tottenham. Spurs memiliki opsi mempermanenkan Gedson di akhir masa peminjamannya dengan mahar 56 juta poundsterling atau nyaris Rp1 triliun.

Sinar Gedson sudah mulai terpancar sejak menjalani debut senior bersama Benfica musim lalu. Sejak itu dia sudah mengoleksi 53 penampilan dengan tiga gol di semua ajang serta mempersembahkan gelar Liga Portugal 2018/2019.

“Ini mimpi besar untuk bermain di klub seperti Tottenham Hotspur. Ini adalah tantangan fantastis yang saya dapatkan, saya harus memenangkan tantangan ini [dengan permainan terbaik],” ujar Gedson seperti dilansir bbc.com, Rabu (15/1/2020).

Kehadiran Gedson memang sangat berarti di tengah badai cedera di lini tengah Spurs. Sebagai gelandang bertipe box-to-box, Gedson diharapkan bisa menggantikan peran Tanguy Ndombele dan Moussa Sissoko yang harus absen beberapa bulan ke depan karena cedera. Dengan pengalamannya berposisi sebagai gelandang serang, Gedson juga bisa menggantikan peran Christian Eriksen yang kabarnya segera hijrah ke Inter Milan. Gedson mengaku sangat antusias bekerja di bawah arahan Pelatih Jose Mourinho. “Setiap pemain muda ingin bekerja sama dengan Mourinho karena dia adalah salah satu pelatih terbaik,” imbuh Gedson yang akan memakai nomor punggung 30 di Tottenham.

Debut Gedson berseragam Liliywhites berpotensi terjadi dalam dua partai Liga Premier mendatang melawan Watford (18 Januari) dan Norwich City (22 Januari). Gedson bakal bersaing dengan Eric Dier, Harry Winks dan Dele Alli untuk memperebutkan posisi starter.

Sementara itu, bergabungnya Gedson membuat rencana Eriksen menuju Giuseppe Meazza kian mendekati kenyataan. Eriksen dikabarkan sudah setuju hijrah ke Nerazzurri, tapi Inter dan Spurs masih tarik ulur soal nilai kontrak sang pemain.

Inter disebut sudah menaikkan tawaran dari 10 juta euro menjadi 15 juta euro. Namun, Spurs masih kukuh meminta 20 juta euro. Mourinho menilai Eriksen bisa dengan bangga meninggalkan klub dengan sumbangsih selama ini. Gelandang Timnas Denmark itu sudah melesakkan 69 gol dari 300 penampilan bersama Tottenham sejak 2013.

“Dia bermain sangat baik, sangat profesional. Jika keputusannya adalah hengkang, maka saya pikir dia bisa pergi dengan kepala tegak,” ujar Mou dilansir Sky Sports.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia