Xavi Calon Kuat Pengganti Valverde Tukangi Barcelona

Xavi Hernandez - Reuters/Felix Ordonez
11 Januari 2020 09:02 WIB Newswire Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Barcelona sudah mengisyaratkan legenda klub ini Xavi Hernandez menjadi pengganti Ernesto ketika Valverde kemungkinan diputus kontraknya musim panas tahun ini, kata sumber-sumber kepada ESPN.

Direktur Olahraga Eric Abidal dan CEO Oscar Grau pada Jumat (10/1/2020) sudah bertemu dengan mantan gelandang Barca di Qatar di mana dia tengah melatih Al Sadd.

Abidal dan Grau pergi ke Qatar dari Arab Saudi ketika Barca tersingkir dari Piala Super Spanyol akibat dikalahkan Atletico Madrid.

Resminya mereka mengunjungi Qatar untuk keperluan menjenguk Ousmane Dembele yang menjalani rehabilitasi di Doha, tetapi mereka memanfaatkan kunjungan itu untuk bertemu dan berbicara dengan Xavi setelah posisi Valverde terancam lepas.

Sumber-sumber yang dekat dengan klub ini menegaskan bahwa waktu kunjungan yang sehari setelah dikalahkan Atletico itu adalah hanya kebetulan, namun membenarkan bahwa Xavi adalah "opsi serius" memimpin Camp Nou pada masa mendatang.

Xavi, 39 tahun, sudah lama dianggap berpotensi melatih Barcelona. Calon lainnya adalah Ronald Koeman.

Valverde sebenarnya tak terlalu terancam hanya gara-gara kalah melawan Atletico di Jeddah karena Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu masih mendukungnya. Para pemain juga mendukungnya termasuk Lionel Messi dan Luis Suarez yang terang-terangan berada di belakang Valverde.

Namun, ada perasaan yang semakin kuat bahwa musim ini adalah musim terakhirnya di Barcelona, apalagi kontraknya akan habis musim panas tahun ini walaupun memiliki opsi diperpanjang sampai 2021.

Opsi ini kemungkinan besar tidak diambil oleh Barcelona mengingat dalam jajaran direksi hanya Bartomeu hanya mendukung Valverde.

Sumber : Bisnis Indonesia