Buru Donny van de Beek dari Ajax, MU Siapkan Rp912 Miliar

Donny van de Beek - Reuters/Piroscha van de Wouw
09 Januari 2020 20:27 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Manchester United terus berburu gelandang jempolan. Setelah mengincar James Maddison (Leicester City) dan Jack Grealish (Aston Villa), United kini membidik gelandang Ajax Amsterdam, Donny van de Beek. Dilansir Mirror, Kamis (9/1), Setan Merah disebut telah menyiapkan 55 juta paun (Rp912 miliar) untuk merekrut gelandang muda itu pada Januari ini.

Ole Gunnar Solskjaer kian merasa perlu ada penguatan di lini tengahnya setelah dipermak Manchester City dengan skor 1-3 di Piala Liga beberapa hari lalu. Apalagi duo gelandang yakni Paul Pogba dan Scott McTominay belum kunjung pulih dari cedera. Van de Beek dinilai menjadi alternatif ideal apabila Maddison atau Grealish sulit didatangkan ke Old Trafford.

Pemain yang sempat diincar Real Madrid ini dianggap fasih sebagai gelandang bertahan sekaligus menyerang. Dia juga mahir dalam urusan mengkreasi peluang dan mencetak gol. Dia sudah mengemas delapan gol dan delapan assist dalam 26 laga bersama Ajax di semua ajang musim ini. Kemampuan ofensif Van de Beek bisa sangat berharga mengingat performa Jesse Lingard, Juan Mata dan Daniel James masih angin-anginan. 

Meski demikian, perlu usaha keras dari MU untuk membujuknya. Pada Oktober lalu, sang pemain pernah berujar bahwa ia ingin bertahan di Ajax musim ini. Dia tak mau hengkang di tengah musim. “Saya ingin menyelesaikan musim di Ajax. Itu memberi kepastian dan ketenangan untuk saya,” kata van de Beek kepada Voetbal International. “Mungkin suatu hari bisa saja saya berganti klub di periode musim dingin, tapi saat ini saya tak menyukainya,” kata pemain 22 tahun itu.

Selain Van de Beek, MU dikabarkan mengincar gelandang potensial Benfica, Gedson Fernandes. Namun MU harus bersaing dengan Chelsea untuk memboyong salah satu gelandang muda terbaik di Portugal itu.The Blues disebut siap mengaktifkan klausul pembelian sang pemain senilai 55 juta poundsterling. Jumlah itu sama dengan mahar yang ditawarkan United pada pemain sekelas Van de Beek.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia