Prediksi Barcelona Vs Atletico Madrid: Pertaruhan Valverde

Ernesto Valverde - Reuters/Vincent West
09 Januari 2020 19:47 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Ernesto Valverde tak pernah menjalani masa-masa tenang di Barcelona. Selama dua setengah tahun di Blaugrana, Valverde dihantui kritik dan keraguan dari fans.

Penyebabnya apalagi kalau bukan kegagalan pelatih berusia 55 tahun itu mempersembahkan trofi Liga Champions dua musim lalu. Dua gelar Liga Primera yang dipersembahkannya tampak cukup untuk menghentikan spekulasi dirinya dari pemecatan.

Situasi bakal makin tak kondusif apabila Lionel Messi dkk. gagal merebut Piala Super Spanyol musim ini. Barcelona sendiri bakal ditantang Atletico Madrid dalam semifinal turnamen di King Abdullah Sports City, Jeddah, Arab Saudi, Jumat (10/1/2020) dini hari WIB.

Piala Super Spanyol berpeluang menjadi trofi perdana Barca musim ini sekaligus tambahan semangat untuk memenangi dua piala lain yang lebih prestisius yakni Liga Champions dan Liga Primera.

Sejauh ini Barca masih menjadi tim paling tangguh di Piala Super Spanyol dengan raihan 13 gelar. Barcelona juga menjadi juara bertahan turnamen setelah pada musim lalu membekuk Sevilla dengan skor 2-1. Atletico baru dua kali mencicipi gelar itu yakni pada 1985 dan 2014.

Meski jumlah trofi kedua klub jomplang, bukan berarti jalan Los Cules untuk memecundangi Atletico bakal mudah. Barcelona harus bermain tanpa pemain pilar mereka seperti Marc Andre ter Stegen, Ousmane Dembele dan Arthur Melo.

Carles Alena juga baru saja pindah ke Real Betis. Kondisi itu membuat Valverde banyak memanggil pemain dari Barcelona B seperti Riqui Puig, Ronald Araujo, Inaki Pena, Jandro, Collado, dan dari skuat U-19, Arnau Ternas.

Mereka berpeluang menjadi starter bersama Arturo Vidal, Nelson Semedo dan Samuel Umtiti yang diperkirakan bakal diberi kesempatan sejak menit pertama. Bek sayap Junior Firpo juga kemungkinan bakal dimainkan untuk menambah jam terbang.

Di lini depan, Valverde tampaknya enggan mengutak-atik trisula berbahayanya yakni Lionel Messi, Antoine Griezmann dan Luis Suarez. Griezmann sendiri selalu tertantang menghadapi mantan klubnya. Sejauh ini hanya Los Rojiblancos sebagai klub Liga Primera yang gawangnya belum pernah dia jebol.

Di sisi lain, Atletico tengah dalam moral bagus menyusul selalu menang dalam empat laga beruntun di semua ajang. Terakhir anak asuh Diego Simeone membekuk Levante 2-1 lewat gol Felipe dan Angel Correa. Correa akan kembali diandalkan untuk menggedor pertahanan Barca bersama Joao Felix dan Alvaro Morata.

Sementara itu, penyelenggaraan semifinal Piala Super Spanyol di Arab Saudi menuai berbagai kritik dari suporter di Spanyol. Salah satunya dari kelompok suporter yang bernaung di bawah Aficiones Unidas (Suporter Bersatu).

"Sebuah festival sepak bola tempat empat tim terbaik bertanding tidak boleh mengecualikan pendukung mereka," ucap Aficiones Unidas dikutip Reuters.

Surat kabar El Mundo melaporkan bahwa 9% dari 12.000 tiket yang tersedia untuk penggemar di Spanyol telah didistribusikan. Faktanya, penggemar Valencia hanya mengambil 26 tiket dan pendukung Atletico mengambil 50 tiket.