Dikalahkah Sadio Mane, Salah Gagal Samai Rekor Drogba sebagai Pemain Terbaik Afrika 3 Kali Beruntun

Sadio Mane - Reuters/Phil Noble
08 Januari 2020 19:27 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, HURGHADA—Performa gemilang pemain Timnas Senegal, Sadio Mane, sepanjang tahun lalu akhirnya mendapat ganjaran setimpal. Penyerang Liverpool itu terpilih sebagai Pemain Terbaik Afrika 2019 dengan mengalahkan rekan setimnya, Mohamed Salah (Mesir) dan sayapManchester City, RIyad Mahrez (Aljazair). Hasil ini sekaligus memupus asa Salah merebut penghargaan tiga kali berturut-turut di ajang tersebut.

Ini kali pertama Mane mengangkat trofi Pemain Terbaik Afrika. Mane sejatinya selalu masuk tiga besar dalam nominasi penghargaan sejak 2017. Namun dia selalu kalah dari Salah pada dua tahun sebelumnya. Dalam pengumuman Pemain Terbaik Afrika 2019 di Hurghada, Mesir, Rabu (8/1/2019), Mane akhirnya giliran mengalahkan Salah dengan torehan 477 suara. Adapun Salah meraih 325 suara dan Mahrez 267 suara.

Kegagalan Salah mempertahankan gelar membuatnya urung mengikuti jejak Samuel Eto’o dan Yaya Toure yang berhasil meraih penghargaan tiga kali beruntun. Meski gagal mencetak hattrick gelar, Salah tetap memberi selamat pada Mane. Ucapan selamat diberikan lewat unggahan Instagram pribadi Salah. “Congrats bro @sadiomaneofficial,” ujar Salah sambil menambahkan foto Mane yang tengah memegang piala.    

Mane mengaku sangat bahagia akhirnya meraih predikat Pemain Terbaik Afrika. Dia menjadi pemain Senegal kedua yang sukses merebut gelar prestisius itu sejak El Hadji Diouf pada 2001 dan 2002. Mane mempersembahkan gelar itu pada keluarga, Timnas Senegal, dan klubnya Liverpool. “Saya sangat gembira, ini sebuah hari yang penting bagiku. Sepak bola adalah pekerjaanku, saya mencintainya,” ujar Mane di atas panggung acara, dilansir BBC, Rabu.

Mane menjadi pemain krusial untuk sukses Liverpool belakangan ini. Pemain 27 tahun itu mencetak 30 gol di seluruh kompetisi 2018/2019 dan membantu The Reds memenangi Liga Champions. Musim ini Mane telah membukukan 15 gol yang membuat Liverpool memuncaki klasemen sementara Liga Premier dengan keunggulan 13 poin dari rival terdekat, Leicester City.

Sumber : JIBI/Solopos