Produk China Bikin Barcelona Merana

Wu Lei (kiri) bersuka cita di samping kekecewaan Jordi Alba. - Reuters/Albert Gea
05 Januari 2020 19:37 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Posisi Barcelona di puncak klasemen sementara La Liga Spanyol semakin terdesak Real Madrid setelah mereka hanya bermain imbang 2-2 kontra tuan rumah Espanyol di RCDE Stadium, Minggu (5/1) dini hari WIB.

Kartu merah Frenkie de Jong pada menit ke-75 membuat Barca kesulitan mempertahankan keunggulan 2-1 jelang akhir laga. Aksi striker Espanyol asal China, Wu Lei, pada menit ke-88 membuat tiga angka di depan mata tim tamu buyar.

Gol itu membuat Wu Lei tercatat dalam sejarah sepak bola Negeri Tirai Bambu pertama yang mencetak gol ke gawang Barcelona di semua kompetisi. Wu Lei baru saja direkrut Espanyol dari Shanghai SIPG pada Januari 2019.

Wu Lei memang asli produk China. Selama kariernya sebelum pindah ke Espanyol, ia hanya berlaga di liga domestik China dan hanya memperkuat satu klub di level senior.

Wu Lei yang lahir di Najing, 28 tahun lalu tersebut, adalah didikan Genbao Football Academy di Shanghai pada 2003-2005. Setelah itu ia naik ke level senior dengan memperkuat Shanghai SIPG untuk musim 2006-2018, sebelum hijrah ke Spanyol pada 2019.

Striker berjuluk Maradona dari Tiongkok itu diboyong senilai dua juta euro. Wu Lei hanya butuh 14 menit untuk menjebol gawang Barca setelah menggantikan Melendo pada menit ke-74.

Menerima umpan Matias Vargas dari sisi kiri, Wu Lei melepaskan tembakan keras yang berhasil menaklukkan Neto. Sejauh ini Wu Lei sudah tampil 44 kali di semua kompetisi dan mencetak sembilan gol.

Pada laga tersebut Espanyol sejatinya sempat memimpin lebih dulu lewat gol David Lopez pada menit ke-23. Namun, tuan rumah balik tertinggal setelah Luis Suarez dan Arturo Vidal mencetak gol di babak kedua untuk Barca.

Hasil imbang tersebut membuat poin Barca kini sama dengan Real Madrid yakni 40 dari 19 laga. Namun, Barca masih memimpin klasemen karena keunggulan selisih gol. Pada laga lain, Madrid sukses melumat Getafe tiga gol tanpa balas. “Kami terluka dengan diusirnya De Jong. Kami nyaris unggul 3-1 tapi akhirnya seperti ini,” sesal Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, seperti dilansir Sport, Minggu.

Striker Barcelona, Luis Suarez, kecewa timnya kehilangan dua poin krusial dalam Derbi Catalan. Suarez berharap Barca bisa memperbaiki performa jelang laga semifinal Piala Super Spanyol melawan Atletico Madrid, Jumat (10/1/2019) dini hari WIB.

“Sekarang kami memiliki hari-hari di depan, hari-hari untuk mencoba memenangi sebuah trofi. Kami harus meningkat menuju Supercopa,” ujar bomber Timns Uruguay itu.

Sumber : JIBI/Solopos