Barca Kembali Pimpin Klasemen, Geser Madrid

Pemain Varcelona Arturo Vidal (kanan) menjebol gawang Espanyol yang dikawal kiper Diego Lopez (kiri). - Reuters/Albert Gea
05 Januari 2020 09:02 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Juara bertahan FC Barcelona dipaksa imbang oleh tuan rumah Espanyol dengan skor 2 - 2 dalam derby Katalunya, tetapi hasil itu telah cukup untuk mengembalikan posisi Lionel Messi dan kawan-kawan ke pucuk klasemen sementara Divisi Primer La Liga Spanyol.

Bertarung di Stadion RCDE di Cornella-El Prat, Barcelona, pada Minggu (5/1/2020) dini hari WIB, tuan rumah Espanyol diselamatkan dari kekalahan dengan gol pemain asal China Wu Lei 3 menit menjelang pertandingan selesai.

Dalam pertandingan pekan ke-19 tersebut, David Lopez membuka keunggulan untuk Espanyol ketika pertandingan memasuki menit ke-23 dan keunggulan satu gol bertahan hingga rehat.

Memasuki babak kedua, berjalan 5 menit, Barcelona mampu melesakkan melalui Luis Suarez setelah memaksimalkan assist Jordi Alba dan tamu berbalik unggul setelah Arturo Vidal menjebol gawang tuan rumah yang dikawal Diego Lopez saat laga tepat berjalan 1 jam dengan assist Suarez.

Pada menit ke-75 Barcelona harus mulai bermain dengan 10 orang setelah Frenkie de Jong terkena kartu kuning kedua. Wasit Carlos del Cerro memberinya kartu kuning pertama hanya berselang 9 menit sebelumnya.

Keunggulan jumlah pemain dimanfaatkan oleh Espanyol untuk menyamakan kedudukan menjelang laga usai melalui Wu Lei.

Meski gagal menuai poin penuh, Barcelona kembali ke pucuk klasemen sementara La Liga, tetapi nilainya kini kembali sama dengan Real Madrid, 40, dengan Barca unggul selisih gol 26 berbanding 24 dan hasil head to head 0 - 0.

Real Madrid beberapa jam sebelumnya sempat mengambil alih kekuasaan di klasemen berkat kemenangan telak tiga gol tanpa balas atas Getafe di derby Madrid.

Sementara itu, tambahan 1 poin tidak mengubah posisi Espanyol di dasar klasemen dengan koleksi nilai 11.

Di laga lain, Atletico Madrid menaklukkan tamunya Levante dengan skor tipis 2 - 1 di Stadion Wanda Metropolitano dengan tiga gol terjadi hanya dalam rentang waktu 5 menit.

Angel Correa membuka keunggulan Atleti pada menit ke-13 dan dibalas Levante lewat Roger Marti 3 menit kemudian. Namun, Atleti memulihkan keunggulan 2 menit berikutnya lewat kontribusi Felipe dan skor 2 - 1 bertahan hingga laga usai.

Kemenangan itu mengangkat posisi Atleti satu setrip ke slot ketiga menggeser Sevilla yang sebelumnya dipaksa imbang tamunya Athletic Bilbao dengan skor 1 - 1. Perolehan nilai Atleti dan Sevilla sama-sama 35, dengan Atleti unggul selisih gol 10 berbanding 6.

Sementara itu, Levante tetap berada di peringkat kesembilan dengan nilai 26, tetapi terancam tergusur oleh beberapa tim yang belum memainkan pertandingan matchday ke-19. Untuk mengetahui jadwal lengkap pekan ke-19, sila klik di sini.

Hasil pertandingan matchday ke-19 hingga Minggu dini hari WIB: Real Valladolid 2 vs Leganes 2; Sevilla 1 vs Athletic Bilbao 1; Valencia 1 vs Eibar 0; Getafe 0 vs Real Madrid 3; Atletico Madrid 2 vs Levante 1; Espanyol 2 vs Barcelona 2.

Sumber : Bisnis Indonesia