Sudah Jatuh, Spurs Masih Tertimpa Tangga dengan Cederanya Harry Kane

Harry Kane - Reuters/Chris Radburn
03 Januari 2020 06:17 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Jose Mourinho cemas dengan cedera yang diderita Harry Kane saat Totteham Hotspur tumbang 0-1 dari Southampton pada pekan ke-21 Liga Premier Inggris di St. Mary’s, Rabu (1/1/2019) malam WIB.

Di tengah inkonsistensi permainan, Spurs justru kehilangan top scorer mereka dalam waktu yang belum dapat ditentukan. Kane divonis cedera hamstring dan harus ditarik pada menit ke-75 dalam laga tersebut.

Striker yang telah mengemas 11 gol di Liga Premier itu menahan kesakitan di otot pahanya. Meski belum diketahui pasti seberapa parah cedera yang dialami Kane, Mourinho mulai khawatir striker andalannya tersebut tidak bisa bermain dalam periode cukup lama. “Ini negatif. Seorang Harry [Kane] harus ditarik keluar adalah berita yang negatif," ujar Mourinho seperti dilansir bbc.com, Rabu.

Dengan cederanya Kane, praktis hanya Troy Parrott satu-satunya opsi di posisi penyerang tengah Spurs. Striker berusia 17 tahun itu jelas belum dapat diandalkan sepenuhnya karena baru bermain lima menit sepanjang musim ini. Lilywhites tak punya sosok pelapis Kane setelah klub memutuskan tak memperpanjang kontrak Fernando Llorente.

Kondisi ini membuat Mourinho kemungkinan akan memplot Heung Min-son sebagai penyerang tengah. Son sudah tidak bermain dalam tiga laga terakhir menyusul kartu merah yang diterimanya saat Spurs dibekuk Chelsea 0-2, 22 Desember 2019.

Tottenham makin merana karena Tanguy Ndombele ikut-ikutan cedera saat menghadapi The Saints. Gelandang bertahan itu bahkan hanya bermain 25 menit sebelum digantikan Gonzalo Lo Celso. Beruntung mereka punya gelandang relatif banyak seperti Harry Winks, Lo Celso, Moussa Sissoko, hingga pemain muda Oliver Skipp.

“Ndombele, dia selalu cedera. Saya bayangkan ini adalah cedera ke-10-nya musim ini. Cedera-cedera itu tak memberinya kontinuitas,” keluh sang pelatih.

Mourino menelan kekalahan keempat dari 11 laga bersama Spurs musim ini setelah Danny Ings menjebol gawang Paolo Gazzaniga pada menit ke-17. Itu menjadi gol kesembilan Ings dalam sembilan penampilan terakhir sebagai starter di Liga Premier. Kini hanya Jamie Vardy (17) yang mencetak gol lebih banyak ketimbang Ings (13) di kompetisi domestik musim ini.

Di laga itu, Mou sempat dikartu kuning karena kedapatan mengintip taktik lawan. Tanpa motif jelas, The Special One menyambangi bench tim tuan rumah untuk melihat lembar taktik yang tengah ditulisi staf pelatih Southampton. Dia kemudian mengangguk saat diberi kartu kuning dan menepuk pinggang wasit Mike Dean. Mou bahkan kembali nyeleneh dengan melakukan tos dengan ofisial keempat.

Sumber : JIBI/Solopos