Simak 5 Fakta Pelatih Timnas Shin Tae-yong

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kedua kiri) berjabat tangan dengan Pelatih Timnas Indonesia senior yang baru Shin Tae-Yong (kedua kanan) disaksikan Wakil Ketua Umum Iwan Budianto (kanan) dan Sekretaris Jenderal Ratu Tisha (kiri) saat diperkenalkan ke media di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (28/12/2019). - ANTARA /Yulius Satria Wijaya
01 Januari 2020 08:32 WIB JIBI Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Shin Tae-yong kini telah resmi menjadi pelatih Tim Nasional Sepakbola Indonesia. Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) pun mengenalkan pria Korea Selatan itu pada 30 Desember lalu di Stadion Pakansari, Bogor.

Mantan pelatih Timnas Korea Selatan ini akan memanggil 60 pemain untuk menjalani seleksi menjadi penggawa skuad Merah Putih. Mereka nantinya akan mengikuti pemusatan latihan mulai 13 Januari 2019.

Berikut beberapa fakta mengenai Shin Tae-yong, seperti dilansir dari Tempo.

Belajar Bahasa Indonesia

Dalam sesi perkenalannya sebagai pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memulai sambutan dengan bahasa Indonesia. “Apa kabar dan selamat siang,” katanya.

Ke depan, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule mengatakan pihaknya akan menyiapkan guru bahasa Indonesia yang terbaik untuk membantu Tae-yong beradaptasi dengan skuad Garuda.

Dikontrak Empat Tahun

Mantan pelatih Timnas Korea Selatan ini meneken kontrak kerja sama dengan PSSI selama 4 tahun. Ia diproyeksikan menangani Timnas Indonesia senior, Timnas U-23, dan Timnas U-19.

Kualifikasi Piala Dunia 2022

Tugas awal Tae-yong yakni meraih hasil maksimal di tiga laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022. Selain itu, dia jiga ditargetkan membawa Indonesia menjadi juara Piala AFF 2020. Berikutnya, meloloskan skuad Garyda ke fase grup Piala Dunia U-20 2021.

Bawa Pelatih Fisik dari Korea Selatan

Tae-yong mengatakan masalah stamina menjadi persoalan utama pemain Timnas Indonesia. Menurut dia, pemain Indonesia hanya punya stamina untuk bermain selama 60 menit saja. Untuk memperbaiki kelemahan ini, Tae-yong akan membawa pelatih fisik dari negaranya. “Pelatih itu sudah punya pengalaman di Piala Dunia 2018,” katanya.

Indra Sjafri Menjadi Asisten Pelatih

Shin Tae-yong mengaku telah berkomunikasi dengan Indra Sjafri untuk mendapatkan informasi perihal kondisi pemain Indonesia. Mereka bakal mulai bekerja sama menyeleksi pemain untuk mengisi skuad inti pada tanggal 13 Januari 2020.

Sumber : Bisnis Indonesia