Sempat Absen Lama karena Cedera di Awal Musim, Batata Dipertahankan PSS karena Faktor Ini

Penampilan Guilherme Felipe Batata de Castro beberapa waktu lalu. - Harian Jogja/Jumali
19 Desember 2019 15:37 WIB Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, SLEMAN - Asisten pelatih PSS Sleman M Eksan mengungkapkan alasan PSS mempertahankan Guilherme Felipe Batata de Castro di dalam skuat musim depan.

Batata menjadi satu dari sejumlah nama yang direkomendasikan oleh pelatih PSS Seto Nurdiyantoro untuk dipertahankan. Gelandang flamboyan asal Brasil ini menunjukkan kontribusi yang sangat baik bagi tim meski sempat absen lama karena cedera di awal musim.

“Secara pribadi saya melihat dia profesional dan layak bertahan. Selain itu kontribusinya cukup tinggi buat tim,” kata Eksan kepada Harianjogja.com, Kamis (19/12/2019) siang.

Batata sangat menonjol saat PSS menaklukkan Bhayangkara FC, Jumat (4/10/2019), Batata langsung tancap gas dan bermain 90 menit. Total, dia berhasil melepaskan 58 umpan. Dua di antaranya merupakan umpan kunci. Akurasi umpan pemain asal Brasil itu juga lumayan atau mencapai 83%.

Batata telah mencatatkan 26 penampilan bersama PSS Sleman. Selain menghidupkan lini tengah, pemain berusia 27 tahun ini juga telah mengemas empat asis.

Dari 26 penampilan, Batata mencata 18 tendangan, delapan di antaranya akurat, 1.140 operan, 55 tekel, 16 intersep, dan mengantongi enam kartu kuning. Batata juga bisa menutup absennya Brian Ferreira yang cedera di pengujung musim.

Eksan enggan menyebutkan mengenai nilai kontrak yang disepakati antara manajemen PSS dan Batata.

“Yang jelas ada kenaikan nilai kontrak untuk pemain yang dipertahankan. Baik lokal maupun asing. Tetapi untuk lebih jelas mengenai pemain asing langsung kepada pimpinan tertinggi [Komisaris PSS, Soekeno],” ucap Eksan.

Sementara berdasarkan perhitungan situs Transfermarkt, Batata dibanderol dengan harga sebesar 150.000 euro atau setara Rp2,4 miliar.