Advertisement

Liverpool Melaju ke Final Piala Duna Antarklub

M. Syahran W. Lubis
Kamis, 19 Desember 2019 - 06:02 WIB
Galih Eko Kurniawan
Liverpool Melaju ke Final Piala Duna Antarklub Trio andalan lini depan Liverpool (dari kiri ke kanan) Roberto Firmino, Mohamed Salah, dan Sadio Mane. - Reuters/Jason Cairnduff

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Gol Roberto Firmino mengamankan Liverpool ke final Piala Dunia Antar-Klub setelah menang 2 - 1 atas klub Meksiko Monterrey dalam semifinal di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Qatar, pada Kamis (19/12/2019) dini hari WIB.

Kemenangan ini membuat ulangan pertandingan Piala Interkontinental 1981 terwujud, di mana Liverpool akan menghadapi tim Brasil Flamengo. Pada laga tersebut, Flamengo menjadi pemenang dengan skor 3 - 0.

Advertisement

Naby Keita membawa wakil Eropa Liverpool sebelum kemudian Monterey mampu menyamakan kedudukan melalui Rogelio Funes Mori. Gol penentu kemenangan baru didapatkan Liverpool melalui Firmino saat laga telah memasuki injury time, demikian catatan laman resmi Federation Internationale de Football Associations (FIFA).

Pelatih Liverpool Jurgen Klopp membangkucadangkan sejumlah pemain inti, termasuk Firmino, Sadio Mane, dan Trent Alexander-Arnold saat laga dimulai. Dia juga memasang Jordan Henderson untuk berduet dengan Joe Gomez sebagai bek tengah, karena Virgil van Dijk sakit.

Liverpool memulai penampilan dengan meyakinkan dan memecah kebuntuan pada menit ke-11 saat Mohamed Salah mengirimkan umpan terobosan yang mampu diselesaikan dengan sempurna menjadi gol oleh Keita.

Keunggulan Liverpool hanya bertahan 3 menit. Monterrey menyamakan kedudukan ketika kiper Liverpool Alisson Becker menepis sepakan voli Jesus Gallardo yang jatuh ke penguasaan Rogerio Funes Mori yang tidak menyia-nyiakan peluang untuk mengemas gol ke-100 untuk klub Meksiko tersebut.

Monterrey terlihat berbahaya saat melakukan serangan balik. Alisson menepis umpan silang Dorlan Prabon yang siap disambar Funes Mori, sedangkan kiper Monterrey Marcelo Barovero berhasil menahan upaya Keita sebelum turun minum.

Liverpool terus mendominasi penguasaan bola, tetapi Monterrey sempat menguji kiper Alisson melalui tendangan bebas Pabon. Klopp kemudian memasukkan Mane untuk menggantikan Xherdan Shaqiri.

Pelatih Monterrey Antonio Mohammed, eks-penyerang Timnas Argentina, dan Klopp mendapatkan kartu kuning pada menit ke-77 saat tensi pertandingan meningkat. Klopp yang tidak ingin pertandingan diteruskan dengan perpanjangan waktu memasukkan Firmino untuk menggantikan Divock Origi.

Advertisement

Si Merah kesulitan menciptakan peluang bersih pada babak kedua, namun ketika Alexander-Arnold mengirim umpan silang mendatar ke tiang dekat, Firmino berada di depan Miguel Layun dan melepaskan sepakan melewati Barovero untuk mengamankan kemenangan.

Pertandingan final antara Liverpool dan Flamengo dijadwalkan digelar pada Minggu (22/12/2019) mulai pk. 00.30 WIB.

Hasil pertandingan ini adalah akhir yang kejam untuk Monterrey yang tampil mengesankan dan Antonio Mohamed merasa mereka pantas mendapat lebih.

"Kami pantas mendapatkan hasil positif, kami menghormati sepak bola Meksiko. Kami berlomba untuk menang, tetapi kami kehilangan konsentrasi pada menit-menit akhir dan kebobolan," ujarnya.

"Saya bangga dengan cara kami menghormati kota dan negara kami. Kami kalah dengan terhormat dan bermartabat.”

Sementara itu, Klopp mengakui bahwa lawan memang tangguh. "Mereka berjuang sangat keras. Kami memiliki masalah sebelum pertandingan dan juga selama pertandingan, tetapi saya pikir anak-anak melakukannya dengan sangat baik."

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Kecepatan Mobil Formula E Bisa Tembus 280 Km per Jam, Begini Spesifikasi Lengkapnya

Olahraga
| Jum'at, 27 Mei 2022, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Arti 4 Prasasti yang Tertempel di Tugu Jogja

Wisata
| Senin, 23 Mei 2022, 14:27 WIB

Advertisement

Advertisement