MU Diselamatkan Remaja 18 Tahun, Spurs Tekuk Wolves

Penyerang sayap Tottenham Hotspur Lucas Moura. - Reuters/Eddie Keogh
16 Desember 2019 00:27 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Remaja 18 tahun Mason Greenwood menyelamatkan Manchester United dari kekalahan kontra Everton pada pekan ke-17 Liga Premier Inggris. MU meraih satu poin seusai mengimbangi tamunya 1 - 1 di Stadion Old Trafford, Minggu (15/12/2019) malam WIB.

Greenwood memainkan peran supersub dengan masuk pada menit ke-65 dan 12 menit kemudian mencetak gol untuk MU demi menyamakan kedudukan setelah mereka sempat tertinggal lebih dulu akibat gol bunuh diri Victor Lindelof.

Hasil itu membuat MU harus rela turun ke posisi keenam klasemen dengan koleksi 25 poin, sedangkan Everton (18) melorot ke urutan ke-16 dan hanya terpaut tiga poin dari zona degradasi, demikian catatan laman resmi Liga Primer Inggris.

Bagi MU, hasil imbang kontra Everton menjadi catatan enam laga tanpa kekalahan. Sedangkan bagi Everton, hasil itu menjaga catatan nirkekalahan dalam dua pertandingan sejak ditangani pelatih interim Duncan Ferguson.

Kedua tim bermain cukup terbuka sejak sepak mula, namun peluang berbahaya baru lahir pada menit ke-28 dari sepakan bebas Marcus Rashford yang melaju kencang melewati barisan pagar hidup tetapi masih bisa diamankan kiper Jordan Pickford.

Namun, pada menit ke-36 justru Everton yang mencuri keunggulan lebih dulu ketika umpan silang Leighton Baines tak diantisipasi sempurna oleh kiper David de Gea dan bola mengenai paha Lindelof sebelum bersarang ke gawang MU.

Tuan rumah yang tertinggal saat turun minum berusaha memasuki babak kedua untuk mengejar ketertinggalan mereka, namun tembakan Daniel James menyambar bola liar malah mengenai wajah rekannya sendiri, Jesse Lingard, pada menit ke-63.

Dua menit sesudahnya, Lingard ditarik keluar digantikan Greenwood, remaja yang berperan besar mewarnai kemenangan MU di laga pemungkas penyisihan grup Liga Europa tengah pekan ini.

Keputusan Ole Gunnar Solskjaer berbuah positif sebab pada menit ke-77 Greenwood berhasil menyamakan kedudukan untuk MU. James melakukan tusukan sebelum menyodorkan bola untuk diselesaikan sempurna oleh Greenwood.

Everton sempat berpeluang untuk kembali memimpin ketika Alex Iwobi tiba-tiba melepaskan tembakan spekulasi yang membuat De Gea dan barisan pertahanan MU sedikit kelimpungan pada menit ke-85.

Sebaliknya, MU juga punya peluang untuk membalikkan keadaan sepenuhnya pada menit pertama injury time, tetapi tembakan melengkung Rashford masih bisa dihentikan oleh Pickford. Skot imbang 1-1 bertahan hingga peluit tanda laga usai berbunyi.

Dalam laga lainnya pada saat bersamaan di Stadion Molineux, Tottenham Hotspur berhasil menundukkan tuan rumah Wolverhampton Wanderers dengan skor tipis 2 - 1.

Kemenangan Spurs ditentukan oleh gol Jan Vertonghen ketika babak kedua telah memasuki injury time.

Sebelumnya pemain Spurs Lucas Moura membuka keunggulan tim tamu asuhan pada menit ke-8, tetapi disamakan tuan rumah lewat aksi Adama Traore pada menit 67.

Dengan kemenangan ini, Spurs mengisi slot kelima dengan nilai 26, sedangkan Wolves di nposisi kedelapan dengan nilai 24.

Sumber : Reuters, The Guardian, & Antara/PremierLeague.com