Ditahan Sociedad, Mental Barca Bisa Terganggu Menjelang El Clasico

Barcelona - Reuters/Vincent West
15 Desember 2019 23:07 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Barcelona ketiban sial saat ditahan imbang Real Sociedad dengan skor 2-2 pada pekan ke-17 La Liga Spanyol di Reale Arena, Sabtu (14/12/2019) malam WIB. Barca harus menerima keputusan penalti kontroversial yang sempat membawa Sociedad unggul 1-0 sejak awal laga. Tak hanya itu, klaim penalti Blaugrana di akhir laga tak digubris wasit meski Diego Llorente tampak menarik jersey Gerard Pique di kotak terlarang.

Hasil imbang jelas tak menguntungkan bagi Lionel Messi dkk yang hanya unggul satu poin dari Real Madrid di singgasana. Mereka berpotensi tergusur apabila Madrid mampu membekuk Valencia pada laga Senin (16/12/2019) dini hari WIB. Kegagalan memetik kemenangan di San Sebastian juga bisa memengaruhi mental Barca jelang laga krusial kontra Madrid di pekan selanjutnya. “Saya tidak tahu apakah kami akan tetap berada di puncak klasemen, situasi itu tidak bergantung kepada kami,” cetus gelandang Barcelona, Sergio Busquets, dilansir Marca, Sabtu.

Busquets meminta rekan-rekannya tak meratapi hasil imbang melawan Sociedad. Menurut Busquets, butuh konsentrasi penuh di laga El Clasico apabila ingin merebut tiga poin dari Madrid. Meski baru saja gagal memetik poin penuh, gelandang pekerja keras itu optimistis Barca tetap mampu mengungguli rival beratnya tersebut. “Grafik permainan kami tengah menanjak dan kami bermain di kandang. Kami juga selalu tampil kompetitif di beberapa El Clasico terakhir.”

Sociedad unggul lebih dulu di menit ke-12 lewat penalti Mikel Oyarzabal. Protes meluncur dari kubu Barca setelah Busquets dianggap menarik kostum Llorente di kotak terlarang. Wasit Javier Alberola dinilai terlalu mudah memberikan penalti yang membuat Barca tertinggal sejak awal laga. Namun Barca akhirnya sukses membalikkan keadaan lewat gol Antoine Griezmann di menit ke-38 dan Luis Suarez di menit ke-49. Sayang di menit ke-62 Barca kembali kecolongan lewat gol Alexander Isak di menit ke-62.

Anak asuh Ernesto Valverde sempat berharap mendapat penalti di akhir laga setelah jersey Pique ditarik Llorente. Namun harapan itu bertepuk sebelah tangan. Wasit pun tak berniat mengecek VAR. Padahal dalam insiden serupa saat Busquets menarik Llorente, Sociedad mendapatkan penalti. “Andai Anda memberi penalti pertama untuk Sociedad, Anda harus memberikan satu lainnya untuk pelanggaran pada Pique,” timpal gelandang Barcelona, Frenkie De Jong.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia