Preview Arsenal Vs Manchester City: Bisa Jadi Laga Pamungkas Ljungberg

Freddie Ljungberg - Reuters/David Klein
15 Desember 2019 18:27 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Fredrik Ljungberg berada di hari-hari terakhirnya bersama Arsenal. Empat pertandingan sudah dilalui pelatih interim asal Swedia itu bersama Alexandre Lacazette dkk. Hasilnya memang tak terlalu menggembirakan. The Gunners hanya mendapatkan satu kemenangan. Padahal, mereka belum bertemu dengan lawan-lawan berat.

Duel menjamu Manchester City di Emirates, Minggu (15/12/2019) malam pukul 23.30 WIB, bisa saja menjadi laga pertaruhan Ljungberg di kursi pelatih Arsenal.  Bukan tak mungkin dia bakal segera didepak bila kembali mendapatkan hasil minor di akhir pekan ini. Apalagi santer dikabarkan eks Pelatih Napoli, Carlo Ancelotti, sudah berada di London untuk bernegosiasi kontrak dengan Arsenal.

Sinyal Ljungberg tidak akan bertahan lama di London juga diperkuat keputusan tim yang tak memberi keleluasaan bagi sang pelatih untuk membentuk staf kepelatihan sendiri. Sampai sekarang dia dibantu Per Mertesacker yang masih menjabat sebagai pelatih akademi. Dengan staf minim, Ljungberg mengaku kesulitan menangani tim. “Jika terus seperti ini selama berbulan-bulan, rasanya tidak akan begitu mudah. Namun semuanya tergantung pada klub,” ujar Ljungberg seperti dilansir Football London, Sabtu (14/12).  

Laga melawan Manchester Biru agaknya bakal menjadi cobaan berat jika melihat statistik pertemuan. Arsenal selalu dihajar dengan margin minimal dua gol saat menjamu City di tiga perjumpaan terakhir di semua kompetisi. Total The Gunners kebobolan delapan gol dan gagal menjebol gawang lawan di laga-laga tersebut. Musim ini Granit Xhaka dkk. pun baru memetik tiga kemenangan dalam delapan laga kandang di Liga Premier. Di semua ajang, Arsenal sudah puasa kemenangan kandang dalam lima pertandingan. The Gunners bahkan tumbang di dua laga kandang terakhirnya.

Buruknya pertahanan membuat Arsenal kerap menjadi bulan-bulanan. Dilansir Opta, Arsenal setidaknya kebobolan dua gol dalam tiga laga terkini di semua ajang. Namun bek Arsenal, Sokratis Papastathopoulos, meyakini timnya berpotensi “meledak” dan kembali ke jalur yang tepat jika berhasil mengalahkan City. “Tentu saja, ini merupakan pertandingan sulit. Namun kadang pada pertandingan seperti inilah Anda bisa meledak. Kami butuh satu pertandingan bagus untuk meledak,” ujar Sokratis dilansir Evening Standard.

Peluang tuan rumah memetik poin penuh di kandang sendiri masih terbuka jika melihat kondisi skuat City. Josep “Pep” Guardiola dipastikan belum bisa menurukan dua pilarnya yakni Sergio Aguero dan John Stones karena cedera. Ujian City bertambah karena David Silva masih diragukan tampil akhir pekan ini. “David tidak fit. Dua hari terakhir dia tidak bisa berlatih. Kami akan melihat besok,” ujar Pep. City berambisi memetik poin penuh agar tak semakin ketinggalan dengan Liverpool di puncak klasemen. Jarak kedua tim sudah 14 poin hingga pekan ke-16. Jika keok lawan Arsenal, boleh dibilang City sudah tersisih dari persaingan gelar.