Jadwal Liga Belanda, Dua Laga Seru AZ vs Ajax, Feyenoord vs PSV

Kapten tim Feyenoord Rotterdam Robin van Persie. - Twitter@Feyenoord
14 Desember 2019 15:02 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Eredivisie, kompetisi sepak bola teratas di Belanda, segera memasuki rangkaian pertandingan pekan ke-17.

Klasemen sementara masih dipimpin oleh juara bertahan Ajax Amsterdam. Klub ibu kota tersebut mendulang nilai 41, hanya berselisih tiga angka dari AZ Alkmaar di posisi kedua.

Kedua tim akan bertemu dalam big match pekan ini dengan AZ bertindak sebagai tuan rumah. Kemenangan akan menempatkan AZ di posisi teratas menggusur Ajax dengan keunggulan head to head.

Ajax tengah dalam kinerja yang tak elok. Pada matchday ke-16 di kandang sendiri anak asuh Erik ten Hag menelan kekalahan dengan skor 0 - 2 dari tamunya Willem II Tilburg.

Hasil buruk itu berlanjut ketika pada pertengahan pekan ini harus tersingkir dari Liga Champions Eropa secara tragis akibat di kandang sendiri dikalahkan klub La Liga Spanyol Valencia 0 - 1, padahal Ajax sebenarnya hanya perlu 1 angka untuk lolos ke 16 besar.

Big match juga akan terjadi saat Feyenoord Rotterdam menjamu PSV Eindhoven. Kedua tim ini merupakan kekuatan tradisional sepak bola Belanda bersama Ajax. Ketiganya adalah pengoleksi gelar juara Eredivisie—dan juga Piala Belanda (KNVB Beker)—sepanjang sejarah.

Ajax juara Eredivisie sebanyak 34 kali, diikuti PSV 24, dan Rotterdam 15 kali sejak kompetisi teratas sepak bola Belanda bergulir pertama kali pada 1888 atau 131 tahun silam.

Namun, PSV dan terlebih lagi Feyenoord musim ini sedang dalam kinerja buruk. PSV menempati posisi ketiga dengan 7 angka di belakang AZ, sedangkan Feyenoord di peringkat kedelapan dengan nilai 25.

Meski begitu, Feyenoord mulai bangkit sejak mulai 30 Oktober lalu ditagani pelatih kondang Dick Advocaat yang menggantikan Jaap Stam. Dalam lima laga di ajang Eredivisie di bawah arahan Advocaat, Feyenoord meraih tiga kemenangan dan dua seri.

Berikut jadwal lengkap pertandingan pekan ke-17 (dalam WIB):

Sabtu, 14 Desember:

02:00   Heerenveen vs Willem II Tilburg

Minggu, 15 Desember:

00:30   ADO Den Haag vs Groningen

01:45   Fortuna Sittard vs RKC Waalwijk

01:45   VVV Venlo vs PEC Zwolle

02:45   Twente Enschede vs Vitesse Arnhem

18:15   Emmen vs Sparta Rotterdam

20:30   Feyenoord Rotterdam vs PSV Eindhoven

22:45   AZ Alkmaar vs Ajax Amsterdam

22:45   Heracles Almelo vs Utrecht.

Sumber : Bisnis Indonesia