Jadi Pelatih Napoli, Gattuso Belajar kepada Ancelotti

Gennaro Gattuso - Reuters/Jennifer Lorenzini
14 Desember 2019 07:47 WIB Newswire Sepakbola Share :

Harianjogja.com, ROMA—Napoli telah menunjuk mantan gelandang petarung Timnas Italia, Gennaro Gattuso, 41, sebagai pelatih baru mereka menggantikan Carlo Ancelotti, yang dipecat, Rabu (11/12/2019).

Pengumuman Gattuso sebagai arsitek Napoli disampaikan pada Kamis (12/12/2019) dini hari WIB. Ancelotti adalah mantan mentor Gattuso. "Selamat datang Gattuso." Demikian unggahan Napoli dalam akun Twitter mereka disertai foto Gattuso. Napoli, yang tiga kali menjadi runner-up dalam empat musim Serie A Liga Italia tersebut berkubang di posisi ketujuh klasemen sementara liga musim ini.

Gattuso, yang memenangi trofi Piala Dunia 2006 bersama Italia menghabiskan 13 musim karier sepak bolanhya bersama AC Milan. Beberapa di antara musimnya itu Gattuso pernah dilatih Ancelotti.

Gattuso dianggap gagal sebagai pelatih AC Milan. Dia menangani Milan pada November 2017 dan harus pergi dari klub tersebut pada akhir musim dengan dua tahun sisa kontrak.

Saat itu Milan hanya finis di urutan kelima Serie A sehingga gagal tampil di Liga Champions. Sebelumnya, Gattuso pernah melatih klub asal Swiss, Sion, kemudian menangani tim Yunani, OFI Crete, dan menjadi arsitek klub kasta ketiga di Italia, Pisa.

"Bukan hal sulit untuk menerima pinangan Napoli, sebuah klub besar," ucap Gattuso dikutip Reuters. "Ini adalah tim kuat dengan para pemain yang luar biasa. 99 % Pemain yang ada sangat cocok dengan tipe sepak bola yang saya inginkan,” tegas Gattuso.

Sebelum menjalankan tugasnya, Gattuso mengaku sempat meminta saran dari Ancelotti. "Ini tidak mudah. Carlo sudah seperti ayah bagi saya dalam hal sepak bola. Saya sering menghubunginya pada saat-saat sulit dan dia selalu bersikap baik serta sopan,” ujar Gattuso.

"Saya tak bisa dibandingkan dengannya. Dia [Ancelotti) telah memenangi semuanya dan saya hanyalah pelatih muda. Saya akan sangat senang apabila mencapai 10 persen saja dari apa yang telah ia lakukan [dapatkan],” ucap Gattuso.

Sumber : Reuters