MU dan Arsenal Juara Grup, Lazio & Gladbach Ikut Feyenoord Tersingkir

Ujung tombak Arsenal Alexandre Lacazette - Reuters/Eddie Keogh
13 Desember 2019 14:52 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Lazio dan Borussia Monchengladbach gagal lolos ke babak 32 besar Liga Europa, kompetisi antarklub kelas dua di bawah Liga Champions yang diselenggarakan Union of European Football Associations (UEFA).

Dalam rangkaian pertandingan mathday keenam atau terakhir Grup E yang digelar pada Jumat (13/12/2019) dini hari WIB, Lazio, wakil Serie A Italia, menyerah dengan skor 0 - 2 dari tuan rumah Stade Rennais di Stadion Roazhon Park di Rennes, Prancis.

Di laga lain, CFR Cluj, pesaing Lazio untuk finis sebagai runner-up di bawah klub Skotlandia Celtic yang telah dipastikan juara grup sejak matchday kelima, menang 2 - 0 atas Celtic di Stadion Constantin Radulesc di Cluj-Napoca, Rumania.

Dengan hasil dua pertandingan terakhir itu, Cluj finis dengan nilai 12, mendampingi Celtic yang memiliki nilai 13, ke babak 32 besar, sedangkan Lazio tersingkir dengan hanya menempati posisi ketiga dengan nilai 6, sedangkan Rennais (4) juru kunci.

Sementara itu, di Grup J, pemimpin klasemen sementara Bundesliga (liga Jerman) Borussia Monchengladbach tersingkir secara tragis setalah di laga terakhir di kandang sendiri, Borssia Park di Monchengladbach, menelan kekalahan 1 - 2 dari klub Turki Istanbul Basaksehir.

Hasil ini dapat disebut tragis karena sebenarnya Gladbach hanya memerlukan hasil seri untuk lolos dan yang lebih menyedikan, gol kemenangan tamu dari Turki terjadi ketika babak kedua telah memasuki waktu tambahan.

Daftar kesedihan Gladbach pantas bertambah karena pada pertemuan pertama di Istanvul, Gladbach bisa meraih hasil imbang.

Dengan kekalahan ini, Basaksehir finis sebagai juara grup dengan nilai 10, diikuti runner-up AS Roma (9) setelah imbang 2 - 2 melawan klub Austria Wolfsberger AC di Stadion Olimpico Roma. Gladbach (8) berada di posisi ketiga, dan Wolfsberger (5) juru kunci.

Kegagalan Lazio dan Gladbach melaju ke gase knock out mengikuti jejak klub kondang lainnya, Fetenoord Rotterdam, yang telah dipastikan gagal lolos lebih dahului yakni pada matchday kelima.

Klub Eredivisie Belanda itu bahkan finis di dasar klasemen Grup G di bawah Porto (10), Rangers (9), dan Young Boys (8) sete;lah pada matchday teraklhir kalah 2 - 3 dari Porto di Portugal.

Di Grup L Manchester United menutup fase grup dengan kemenangan telak 4 - 0 atas wakil Belanda AZ Alkmaar di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris, dalam pertandingan yang tak lagi menentukan lantaran kedua tim telah dipastikan lolos ke 32 besar sejak matchday kelima.

Kemenangan itu menempatkan Setan Merah finis sebagai juara grup dengan nilai 13, diikuti AZ 9, Partizan Beoghrad 5, dan Astana (Kazakhstan) 3.

Di Grup F, Arsenal juga finis sebagai juara grup setelah menahan imbang Standard Liege 2-2 di Belgia. Arsenal menjadi juara grup karena di laga lain Eintracht Frankfurt—yang telah lolos sejak matchday kelima—di kandang sendiri, Commerzbank-Arena, kalah 2 - 3 dari tamunya Vitoria Guimaraes (Portugal).

Dengan hasil dua laga itu, Arsenal finis teratas dengan koleksi 11 angka, diikuti Frankfurt9, Standard Liege 8, dan Vitoria Guimaraes 5.

Tim-tim yang lolos ke 32 besar dari fase grup: Sevilla, APOEL (Grup A), Malmo, Copenhagen (B), Basel, Getafe (C), LASK Linz Austria, Sporting Lisbon (D), Celtic, Cluj (E), Arsenal, Frankfurt (F), Porto, Rangers (G), Espanyol, Ludogorets Razgrad (H), GFent, Wolfsburg (I), Bassaksehir, Roma (J), Braga, Wolverhampton (K), dan MU, AZ (L).

Selain 24 tim yang lolos dari fase grup, tambahan delapan tim lagi untuk melengkapi 32 tim fase knock out didapat dari tim-tim peringkat ketiga fase grup Liga Champions yakni Bruges, Olympiakos, Shakhtar Donetsk, Bayer Leverkusen, Red Bull Salzburg, Inter Milan, Benfica, dan Ajaz Amsterdam

Sumber : Bisnis Indonesia