Undian 16 Besar Liga Champions: Real Madrid dalam Situasi Sulit

Real Madrid - Reuters/Piroschka van de Wouw
13 Desember 2019 07:47 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Meski menang 3-1 atas Club Brugge di laga terakhir fase Grup A, Kamis (12/12/2019) dini hari WIB, Real Madrid tetap di posisi runner up di bawah Paris Saint-Germain (PSG). Los Blancos harus bersiap melawan para juara grup seperti Manchester City, Bayern Munich, Juventus, Liverpool, dan RB Leipzig, di babak 16 besar.

Dari deretan tim itu, hanya Leipzig yang memiliki kekuatan di bawah Madrid. Selebihnya, Los Blancos patut waspada karena para calon lawan mereka adalah klub raksasa yang bisa memberi mimpi buruk bagi peraih gelar Liga Champions terbanyak itu. Liverpool diprediksi menjadi klub yang paling dihindari Madrid mengingat mereka tengah on fire musim ini.

Dua musim terakhir The Reds juga sukses menembus babak final dengan musim lalu mengangkat trofi juara. Namun, Pelatih Madrid, Zinedine Zidane, mengklaim tak ambil pusing siapa lawan yang harus dihadapi di 16 besar.

“Jika kami menghadapi Liverpool, kami akan menyingkirkan mereka,” ujar Zidane berkoar seperti dilansir sportskeeda.com, Kamis (12/12/2019).

Nasib apes Madrid tak lepas dari hasil kurang maksimal mereka di dua laga awal fase grup. Saat itu Luka Modric dkk. dihajar PSG dengan skor 0-3 di laga perdana serta hanya bermain imbang 2-2 melawan Brugge di Santiago Bernabeu.

Posisi runner up juga memungkinkan Zidane bereuni dengan mantan klubnya, Juventus. Demikian halnya striker Juventus, Cristiano Ronaldo, yang berpotensi kembali ke stadion yang membesarkannya, Santiago Bernabeu. Namun, Ronaldo tampaknya tak tertarik bersua Madrid di 16 besar. “Real Madrid? Tim yang luar biasa. Secara pribadi, saya lebih suka menghadapi mereka di final, bukan di babak kedua,” ujar Ronaldo dilansir Sky Italia.

Bek Liverpool, Andy Robertson, mengklaim tak ada tim yang mau bertemu timnya di 16 besar menyusul pencapaian apik Liverpool di dua musim terakhir. Di fase gugur, The Reds praktis belum akan menemui banyak kendala karena hanya Madrid yang berpotensi menjadi lawan berat mereka.

Kemungkinan lawan yang lain adalah Atalanta, Olympique Lyon, Borussia Dortmund dan Atletico Madrid.

“Mungkin di musim pertama ketika kami ke final, kami tidak dapat respek yang layak kami dapatkan. Sekarang kami tahu kami dihormati di Eropa. Tidak ada yang menginginkan kami,” ujar Robertson.

Sementara itu, Jose Mourinho juga turut sesumbar setelah mampu membawa Tottenham Hotspur ke babak 16 besar. The Special One bahkan menyebut semua tim bakal takut berjumpa Spurs meski timnya baru saja dipermak Bayern Munich 1-3 di laga terakhir fase grup. Di 16 besar, Spurs berpeluang melawan tim kuat macam PSG, Juventus dan Barcelona.

“Saya pikir tim yang lolos lebih dulu [juara grup] bakal berharap tidak berjumpa kami. Saya pikir kami salah satu tim terkuat yang berada di posisi kedua,” tukas Mou.