Atletico Madrid & Atalanta Melaju ke 16 Besar Liga Champions Eropa

Ujung tombak Manchester City Gabriel Jesus - Reuters/Carl Recine
12 Desember 2019 06:52 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Atalanta dan Atletico Madrid menjadi dua tim terakhir yang lolos ke babak 16 besar Liga Champions Eropa setelah mencatat kemenangan dalam matchday keenam atau terakhir fase grup pada Kamis (12/12/2019) dini hari WIB.

Ataanta, klub Serie A Italia, bisa disebut meraih tiket perdelapan final itu dengan dramatis setelah berhasil menang di kandang Shakhtar Donetsk, Stadion Metalist di Kharkiv, dengan skor telak 3 - 0 dalam matchday terakhir Grup C.

Ketiga gol Atalanta dikontribusi oleh Timoty Castagne (66’), Mario Pasalic (80’), dan Robin Gosens saat laga telah memasuki injury time.

Kekalahan telah Shakhtar tak terlepas dari timpangnya jumlah pemain sejak menit ke-77 saat pemain belakang mereka asal Brasil Domilson Cordeiro alias Dodo kena kartu merah ketika skor masih 0 - 1.

Dapat dikatakan hasil ini membalikkan prediksi karena bukan hanya bermain di Ukraina, tetapi juga Shakhtar unggul poin 6 berbanding 4 sebelum pertandingan dimulai sehingga hasil imbang saja akan meloloskan Shakhtar ke 16 besar.

Dengan hasil itu, Shakhtar tak pernah meraih kemenangan justru ketika bertindak sebagai tuan rumah. Sebelumnya tim asuhan Luis Castro itu menyerah juga dengan skor 0 - 3 dari Manchester City dan imbang 2 - 2 versus Dinamo Zagreb.

Dalam pertandingan lain, Manchester City, yang sebelum laga dimulai telah dipastikan finis sebagai juara Grup C, menang telah atas tuan rumah Dinamo Zagreb di Stadion Maksimir di Zagreb, Kroasia.

Tuan rumah sempat unggul pada menit ke-10 lewat Daniel Olmo, tapi penyerang City Gabriel Jesus kemudian membuat hattrick dengan gol-golnya pada menit ke-34, 50, dan 54, serta ditutup gol Phil Foden 7 menit menjelang laga usai.

Dengan hasil dua pertandingan tersebut, Citi finis di posisi teratas dengan nilai 14, diikuti Atalanta 7, keduanya lolos ke 16 besar. Sementara itu, Shakhtar sebagai peringkat ketiga dengan nilai 6 beralih ke 32 besar Liga Europa, dan Dinamo Zagreb di dasar klasemen dengan nilai 5.

Di Grup D, Atletico Madrid akhirnya menjadi tunner-up dan lolos ke 16 besar mendampingi Juventus yang telah dipastikan finis sebagai juara sejak matchday kelima.

Dalam pertandingan di Stadion Wanda Metropolitano di Madrid, Spanyol, menjamu tamu dari Rusia Lokomotiv Moskawa, baru 2 menit, Atletico sudah mendapatkan hadiah penalti, tetapi eksekusi bek Kevin Trippier gagal membuahkan gol.

Berselang 15 menit kemudian tuan rumah kembali mendapatkan penalti dan kini eksekusi Joao Feliz sukses mengubah skor menjadi 1 - 0. Gol kedua datang dari Felipe Augusto pada menit ke-54 dan skor 2 - 0 bertahan hingga usai.

Sebenarnya, kalau pun Atletico kalah dari Lokomotic, tim asuhan Diego Simeone tetap lolos ke 16 besar karena di laga lain pada saat bersamaan, Juventus menundukkan tuan rumah Bayer Leverkusen di Bay Arena di Leverkusen, Jerman, dengan skor 2 - 0.

Kedua gol Juventus dikontribusi Cristiano Ronaldo pada menit 75 dan Gonzalo Higuain ketika pertandingan sudah memasuki injury time.

Dengan hasil dua pertandingan tersebut, Juventus di posisi teratas klasemen akhir dengan nilai 16, diikuti Atletico 10, Leverkusen 6, dan Lokomotiv 3. Juve dan Atleti lolos ke 16 besar Liga Champions, sedangkan Leverkusen beralih ke 32 besar Liga Europa.

Matchday keenam pada Kamis dini hari WIB juga memanggungkan pertandingan-pertandingan di Grup A dan B.

Di Grup A, sebelum pertandingan dimulai, Paris Saint-Germain (PSG) telah dipastikan lolos ke 16 besar sejak matchday kelima. Di laga terakhir, PSG menghantam tamunya Galatasaray 5 - 0 dan Real Madrid menang 3 - 1 atas tuan rumah Club Bruges.

Dengan demikian, PSG mengakhiri fase grup dengan nilai 16, diikuti Madrid 11, Bruges 3, dan Galatasaray 2.  PSG dan Madrid ke 16 besar Liga Champions, sedangkan Bruges masuk 32 besar Liga Europa.

Di Grup B, sebelum pertandingan dimulai, Bayern Munchen dan Tottenham Hotspur telah dipastikan lolos ke 16 besar sejak matchday kelima. Di laga terakhir, Munchen menghantam tamunya Totrenham 3 - 1 dan Olympiakos menang 1 - 0 ketika menjamu Red Star Beograd.

Dengan demikian, Munchen mengakhiri fase grup dengan nilai 18, diikuti Spurs 10, Olympiakos 4, dan Red Star 3. Munchen dan Spurs ke 16 besar Liga Champions, sedangkan Olympiakos masuk 32 besar Liga Europa.

Sumber : Bisnis Indonesia