PSS Kalah 0-1 dari Persela, Ini Pelajaran yang Dipetik Seto

Pelatih Seto Nurdiyantoro - Harian Jogja/Jumali
11 Desember 2019 18:27 WIB Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, LAMONGAN - Pelatih PSS Sleman Seto Nurdiyantoro mengaku mendapatkan banyak pelajaran setelah tim besutannya kalah 0-1 dari tuan rumah Persela Lamongan pada pekan ke-32 Liga 1 2019 di Stadion Surajaya, Lamongan, Rabu (11/12/2019) sore. Sebiji gol Persela dicetak Sugeng Effendi melalui tandukan pada menit ke-56.

“Banyak pelajaran kami dapatkan pada pertandingan kali ini. Compact defense [pertahanan rapat] kami bagus, tetapi saat menguasai bola kami sering salah passing [mengumpan] dan kontrol bola,” kata Seto seusai pertandingan.

Seto mengatakan sejak awal babak pertama dia memasang formasi berbeda. Biasanya PSS menggunakan pola 4-3-3, kali ini diubah menjadi 5-4-1 yang saat menyerang menjadi 3-4-3. Sejumlah kelemahan pun terlihat dalam pertandingan kali ini. 

“Ini baru dua hari belajar. Banyak serangan sporadis tetapi tidak ada target. Sebenarnya di babak pertama hingga 10 menit babak kedua kami saling menyerang. Tetapi di 15 menit akhir kami ubah formasi, kami lebih menguasai tetapi memang minim peluang. Mungkin kondisi fisik pemain berpengaruh. Dan ini bagus karena kami dapat pembelajaran,” ucap Seto.

Ke depan, Seto berharap para pemainnya lebih variatif dalam melancarkan serangan. “Jika mobilitas ini bisa lebih maksimal, tentu akan lebih merepotkan. Di samping itu kami juga banyak kesalahan individu dan keburu-buru,” kata Seto.