Kalahkan PSS 1-0, Persela Catat Lima Kemenangan Beruntun

Nilmaizar - perselafootball.com
11 Desember 2019 17:37 WIB Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, LAMONGAN - Persela Lamongan meraih poin penuh atas PSS Sleman pada pekan ke-32 Liga 1 2019 di Stadion Surajaya Lamongan, Rabu (11/12/2019) sore. Sahibulbait menang 1-0 berkat sundulan kepala  Sugeng Effendi.

Persela naik ke posisi ke-11 dengan 40 poin dan mencatat lima kali meraih kemenangan berturut-turut. Hasil positif ini membawa anak asuh Nilmaizar menjauh dari zona degradasi. Sebelumnya, Persela sempat mengalahkan Badak Lampung 1-0 (20/11/2019), menang 2-1 atas tuan rumah Borneo FC (27/11/2019), 2-0 atas Persib (3/12/2019) dan 3-1 atas PSM Makassar (7/12/2019).

Sejak awal babak pertama, Persela langsung tancap gas. Namun, ketatnya pertahanan PSS yang diperkuat oleh Alfonso de La Cruz, Purwaka Yudi dan Asyraq Gufron masih mampu mematahkan serangan dari Persela.

Persela membuka peluang melalui Alex Goncalves di menit ke-7. Namun tendangan Alex masih mampu ditepis oleh Try Hamdani. Semenit kemudian peluang kembali didapatkan oleh Persela, namun salah satu pemain depan Persela terlebih dahulu terjebak offside.

Begitu juga dengan peluang manis yang dilesakkan oleh Delvin Rubino seusai menerima umpan dari Alex di menit ke-12. Sayang tendangan Delvin masih melebar dari gawang PSS Sleman.

PSS  belum bisa lepas dari tekanan Persela hingga menit ke-15. Beberapa kali usaha PSS untuk melakukan serangan balik, tetapi selalu kandas saat berhadapan dengan lini belakang Persela.

Menit ke-16, Persela memiliki peluang manis melalui Kei Hirose. Kei yang lepas dari jebakan offside langsung melakukan tendangan ke arah gawang. Sayang tendangan dari pemain asal Jepang ini masih melenceng dari gawang PSS.

Memasuki menit ke-20, PSS yang semula tertekan mulai membuka ruang. Alhasil peluang manis didapatkan oleh PSS melalui Rangga Muslim. Namun tendangan jarak jauh dari Rangga Muslim mampu ditepis oleh Dwi Kuswanto.

Di menit ke-35, Persela melakukan perubahan Delvin Rubino ditarik dan digantikan Lucky Wahyu. Perubahan yang dilakukan Persela berdampak kepada pola serangan Persela. Beberapa kali serangan Persela lebih bervariatif. Meski demikian, usaha Persela untuk mencetak gol masih belum mampu terealisasi. Hingga dua menit tambahan waktu babak pertama selesai, kedudukan tetap 0-0 untuk kedua kesebelasan.

Pada babak kedua, Persela langsung mengambil inisiatif menyerang. Namun, peluang melalui Lucky Wahyu masih melebar dari gawang PSS. Sementara serangan balik dari PSS memanfaatkan Arsyad Yusgiantoro gagal diteruskan oleh Yevhen Bokhasvhili.

Memasuki menit ke-52, kedua kesebelasan masih terus melakukan jual beli serangan. Namun, tidak ada peluang yang berbahaya baik dari PSS maupun Persela. 

Persela akhirnya mampu membuka keunggulan menjadi 1-0 pada menit ke-56 melalui Sugeng Efendi. Sugeng yang berdiri bebas berhasil menyundul bola muntah yang ditepis oleh Tri Hamdani. Skor 1-0 untuk keunggulan Persela. Unggul donasi gol tidak membuat Persela menurunkan intensitas serangan.

Sementara langkah cepat dilakukan oleh PSS Sleman. Samuel Cristianson ditarik dan dimasukkan Derry Rachman Noor. Masuknya Derry membuat pertahanan PSS di sisi kiri sedikit lebih kuat. Beberapa kali Derry mampu mematahkan serangan Persela yang sempat mengekploitasi kelemahan dari Samuel.

Memasuki menit ke-77, PSS melakukan perubahan permainan. Alfonso ditarik dan digantikan KH Yudo. Masuknya Yudo membuat PSS mengubah pola permainan dari 5-4-1 menjadi pola 4-4-2.

Menit ke-80, PSS Sleman mendapatkan peluang melalui tendangan bebas, berawal dari langkah Lucky Wahyu menjatuhkan Arsyad Yusgiantoro di dekat kotak penalti. Bagus Nirwanto yang didapuk mengeksekusi tendangan bebas tak bisa mengarahkan bola menembus pagar hidup pemain Persela. Hingga empat menit tambahan babak kedua selesai, skor 1-0 tetap bertahan untuk keunggulan Persela.