Advertisement

Arsenal Akhirnya Menang, Bekuk West Ham 3-1

M. Syahran W. Lubis
Rabu, 11 Desember 2019 - 07:02 WIB
Galih Eko Kurniawan
Arsenal Akhirnya Menang, Bekuk West Ham 3-1 Ujung tombak Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang - Reuters/Chris Radburn

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Arsenal meraih kemenangan pertamanya di bawah asuhan caretaker Freddie Ljungberg dengan menundukkan sesama tim London West Ham United 3 - 1 dalam pertandingan penutup pekan ke-16 Liga Primer Inggris di Stadion Olimpiade London pada Selasa (10/12/2019) dini hari WIB.

Sempat tertinggal 0 - 1 pada babak pertama lewat gol Angelo Ogbonna, Arsenal bangkit dari ketertinggalan dengan membalas tiga gol lewat Gabriel Martinelli, Nicolas Pepe, dan Piere-Emerick Aubameyang dalam rentang waktu 9 menit pada babak kedua.

Advertisement

Raihan tiga poin membawa Arsenal naik satu peringkat ke posisi kesembilan dengan 22 poin, sekaligus memupus tren tak pernah menang dalam sembilan pertandingan di semua kompetisi.

Sementara bagi West Ham (nilai 16), kekalahan ini semakin membuat mereka di ambang zona degradasi dan hanya terpaut satu poin dari Southampton yang menempati posisi ke-18.

The Gunners, julukan Arsenal, kesulitan membongkar pertahanan tuan rumah di awal laga. West Ham yang juga sama-sama mengincar kemenangan untuk menjauhi zona degradasi tampil mengawali laga dengan intensitas rendah.

Arsenal di atas kertas memang menguasai jalannya pertandingan, namun tak ada satupun serangan pada babak pertama yang benar-benar membahayakan gawang West Ham.

Peluang pertama dalam pertandingan ini diperoleh tuan rumah pada menit ke-26 lewat sepakan pemain West Ham Pablo Fornals, tapi sepakan melengkungnya di dalam kotak penalti masih bisa diselamatkan kiper Arsenal Bernd Leno.

Sekitar menit menjelang rehat, Angelo Ogbonna membuat seisi stadion bergemuruh. Berawal dari sepakan sudut, bola sempat dihalau bek Arsenal Sokratis Papastathopoulos. Namun, bola masih mengarah kepada Fornals yang mengirim umpan silang ke tengah kotak penalti dan disambut tandukan Ogbonna.

Wasit Michael Dean sempat harus meninjau video asisten wasut (VAR), tapi gol tetap disahkan sehingga babak pertama berakhir 1 - 0 untuk keunggulan tuan rumah berjuluk The Hammers.

Meriam London baru bisa menyamakan kedudukan tepay saat pertandingan berjalan 1 jam. Bermula dari serangan balik, bola dikuasai Lucas Torreira yang memasok umpan terobosan kepada Sead Kolasinac yang lolos dari perangkap offside. Kolasinac mengirim umpan ke tengah kotak penalti yang langsung disambut Gabriel Martinelli untuk men jebol gawang West Ham yang dikawal kiper David Martin.

Gol itu memacu Arsenal untuk mendominasi permainan. Walhasil, 7 tujuh menit berselang Nicolas Pepe membawa Arsenal berbalik unggul lewat sepakan keras di dalam kotak penalti.

Gol kedua Arsenal membuat mental West Ham runtuh. Beberapa kali umpan-umpan mendasar mereka selalu mudah dipatahkan tamu. Kondisi itu dimanfaatkan betul oleh Arsenal. Pierre-Emerick Aubameyang menjebol gawang West Ham pada menit ke-69 dan membawa Arsenal unggul 3 - 1.

Berawal dari serangan balik, Nicolas Pepe membuka ruang kosong di sisi kanan untuk menerima umpan Aubameyang. Tanpa pengawalan berarti, Pepe mengembalikan bola yang disambut sepakan voli Aubameyang di dalam kotak penalti dan tidak bisa diselamatkan kiper Martin.

Meski wasit memberikan waktu tambahan hingga 7 menit, tak terjadi gpol tam,bahan dan pertandingan usai dengan skor 3 - 1 untuk Arsenal.

Ini merupakan kemenangan pertama Arsenal di bawah Ljungberg yang menggantikan Unai Emery yang dipecat pada 29 November 2019.

Di bawah arahan Ljungberg, eks-pemain Arsenal, The Gunners sebelumnya hanya meraih hasil imbang di markas tim promosi Norwich City dengan skor 1 - 1 dan kemudian kalah 1 - 2 ketika menjamu Brighton & Hove Albion.

Ujian berikutnya bagi Ljungberg ialah ketika Arsenal menjalani laga di ajang Liga Europa di kandang klub Belgia Standard Liege yang dijadwalkan berlangsung pada Jumat (13/12/2019) mulai pk. 01.00 WIB.

Bergabung di Grup F, Arsenal minimal harus memetik 1 poin untuk memastikan lolos ke 32 besar setidaknya sebagai runner-up di bawah klub Jerman Eintrach Frankfurt. Jika menang, dipastikan jadi juara grup meski di laga lain Frankfurt menang atas Vitoria Guimaraes (Portugal).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Olimpiade Paris 2024, Obor Api Dimulai Dinyalakan dari Reruntuhan Kuil Hera di Yunani

Olahraga
| Senin, 15 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement