Advertisement

Timnas Rusia Dilarang Ikut Piala Dunia 2022

M. Syahran W. Lubis
Selasa, 10 Desember 2019 - 06:02 WIB
Galih Eko Kurniawan
Timnas Rusia Dilarang Ikut Piala Dunia 2022 Striker Timnas Rusia Artem Dzyuba bsaat pertandingan melawan Spanyol di Piala Dunia 2018. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Timnas Rusia absen di putaran final Piala Dunia 2022 sebagai dampak dari sanksi yang ditetapkan Badan Anti-Doping Dunia (WADA) yang melarang Rusia dalam empat tahun terlibat dalam kejuaraan olahraga berskala dunia apa pun akibat skandal doping.

Namn, WADA menyatakan St. Petersburg tetap bisa menjadi salah satu tuan rumah putaran final Piala Eropa (Euro) tahun depan dan final Liga Champions Eropa 2021 sebab event tersebut bukan berskala dunia dan hanya tingkat regional.

Advertisement

“Kalau mereka lolos [ke putaran final Piala Dunia 2022], tim yang mewakili Rusia tidak dapat berpartisipasi. Namun, jika ada mekanisme yang memungkinkan memberi tempat, mereka bisa tampil sebagai tim netral, tetapi bukan mewakili Rusia,” kata Jonathan Taylor, Ketua Komite Peninjau Kepatuhan WADA pada Senin (9/12/2019).

Taylor mengatakan bahwa Federation Internationale de Football Association (FIFA) memiliki opsi untuk menempatkan mekanisme semacam itu dan itu akan memungkinkan atlet Rusia yang bersih dari doping mendaftar untuk bersaing sebagai wakil tim netral.

"FIFA akan melaksanakannya, tetapi mereka harus melakukannya bersama dengan WADA. Tapi tidak akan ada bendera atau lagu," kata Taylor.

Seorang juru bicara FIFA yang tidak disebutkan namanya mengatakan organisasi tersebut telah meminta WADA dan Asosiasi Federasi Internasional Olimpiade Musim Panas (ASOIF) untuk mengklarifikasi bagaimana larangan berdurasi empattahun tersebut mempengaruhi Timnas Rusia.

Sanksi terhadap Rusia, tuan rumah Piala Dunia 2018, juga melarangnya menjadi tuan rumah acara olahraga besar untuk periode 4 tahun atau melamar menjadi tuan rumah acara baru sepanjang periode itu.

Union of European Football Associations (UEFA) belum memberi komentar atas perkembangan ini. Taylor mengemukakan pula bahwa WADA akan menerapkan hal serupa untuk semua cabang olahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Seorang Nenek Pecahkan Rekor Dunia Plank Terlama di Usia 58 Tahun

Olahraga
| Sabtu, 20 April 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement