Rashford Hentikan Awal Sempurna Mourinho

Pelatih Tottenham Hotspur Jose Mourinho dan Marcus Rashford saat pertandingan Liga Premier Inggris Manchester United vs Tottenham Hotspur, Rabu (4/12/2019) - Reuters/Andrew Yates
05 Desember 2019 16:27 WIB Newswire Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Manchester United memetik kemenangan 2-1 atas tamunya Tottenham Hotspur dalam pertandingan pekan ke-15 Liga Premier Inggris di Old Trafford, Kamis (5/12/2019) dini hari WIB.

Kemenangan United ini sekaligus menghentikan awal sempurna pelatih Spurs, Jose Mourinho. Striker Marcus Rashford menjadi penentu kemenangan Red Devils atas The Lilywhites.

Rashford bertanggung jawab penuh dengan memborong dua gol kemenangan MU, satu di antaranya lewat titik putih, sedangkan Tottenham hanya bisa membalas lewat Bamidele Alli, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Kemenangan itu sekaligus mengantarkan tim besutan Ole Gunnar Solskjaer naik ke posisi keenam klasemen dengan raihan 21 poin, melompati Tottenham (20) yang kini melorot ke urutan kedelapan.

Baru enam menit laga berjalan, momen kembalinya Mourinho ke Old Trafford langsung disambut dengan gol Rashford ke gawang Tottenham. Gol itu diawali kegigihan Jesse Lingard memenangi duel perebutan bola melawan Davinson Sanchez, sebelum meneruskannya untuk diselesaikan dengan tembakan keras Rashford yang tak mampu dihentikan kiper Paulo Gazzaniga.

Tottenham perlahan berusaha mengimbangi permainan dan memetik hasilnya untuk menyamakan kedudukan enam menit jelang bubaran babak pertama lewat gol cantik Alli. Wasit Paul Tierney sempat berkonsultasi dengan VAR atas dugaan bola sempat mengenai tangan Alli terlebih dulu sebelum mengesahkan gol tersebut.

Setelah turun minum dalam keadaan imbang, lini belakang Tottenham melakukan kesalahan fatal hanya dua menit memasuki babak kedua ketika Moussa Sissoko menjatuhkan Rashford di dalam area terlarang.

Rashford menghadapi sendiri bola di titik putih dan sukses melepaskan eksekusi yang mengecoh Gazzaniga sekaligus membawa MU kembali memimpin 2-1 atas Tottenham pada menit ke-49.

Jose Mourinho yang merupakan bekas pelatih Manchester United harus menerima kenyataan pahit ini. Dia mengakui anak asuhnya bermain tak sesuai harapan. "Saya pikir mereka MU) pantas mendapatkan kemenangan pada babak pertama, kami tidak memulai dengan baik sama sekali," kata pelatih asal Portugal itu.

Ia menilai selama 30 menti pertama, MU lebih kuat dari timnya. "Kami tidak ada di sana sama sekali. Juga, cara kami kebobolan gol kedua, saya pikir mereka pantas menang."

Mourinho melihat, bagaimana mengawali laga menjadi pekerjaan rumah besar di timnya.

"Jika saya melihat bahkan pada tiga pertandingan sebelumnya di mana kami menang, kami tidak memulai dengan baik. Tim tidak memulai pertandingan dengan baik, agak kesulitan untuk menemukan intensitas dan agresivitas permainan."

Permainan timnya sempat membaik di babak kedua, tapi kemudian kebobolan gol. "Kami tertidur, tidak punya kendali. Lalu apa yang terjadi di dalam kotak adalah konsekuensinya."

Spurs akan berusaha bangkit kembali saat menyambangi ke Burnley pada Sabtu nanti.

"Saya perlu bekerja karena sampai sekarang saya hampir tidak bekerja, dengan hanya sela dua hari di antara pertandingan," kata Mourinho, yang dipecat MU setahun yang lalu.

Dengan terbatasnya waktu, Meourinho meniali, latihan pun tak bisa maksimal. "Semuanya sangat pasif, tidak seperti sesi latihan intensif. Ini adalah soal pemulihan dan mencoba memberikan prinsip taktis. Tetapi kami perlu bekerja, mereka (para pemain) merasakan apa yang saya rasakan, mereka tidak memulai permainan (dengan baik)," kata pelatih berjulukan The Special One itu.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia