Menang Besar Atas Burnley, City Jaga Persaingan Liga Inggris Tetap Panas

Gabriel Jesus - Reuters/Carl Recine
04 Desember 2019 22:27 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Manchester City menjaga persaingan menuju puncak klasemen Liga Premier Inggris tetap panas setelah menggebuk Burnley dengan skor 4-1 padapertandingan  pekan ke-15 di Turf Moor, Rabu (4/12) dini hari WIB.

Tak sekadar mengamankan tiga poin, The Citizens tampil meyakinkan dengan penguasaan bola hingga 76% dan 17 peluang menciptakan gol. Namun, penampilan tersebut belum cukup membuat Josep “Pep” Guardiola yakin timnya bisa mempertahankan trofi musim ini.

Gabriel Jesus menjadi bintang pada laga itu dengan sumbangan gol pada menit ke-24 dan 50, disusul Rodri pada menit ke-68 dan Riyad Mahrez menit ke-87. Tuan rumah hanya mampu mencuri satu gol lewat Robert Brady dua menit menjelang bubaran. Sesaat setelah menang, posisii City naik ke peringkat kedua klasemen dengan 32 poin dari 15 laga. Mereka memangkas jarak dengan Liverpool, yang baru akan bertanding Kamis (5/12/2019) dini hari WIB, menjadi delapan poin.

Dengan 23 laga tersisa dan 69 poin maksimal yang masih tersedia, Guardiola enggan berandai-andai ihwal peluang timnya mengudeta The Reds. Eks Pelatih Barcelona itu bahkan sedikit pesimistis dengan kesempatan anak asuhnya mempertahankan gelar.

“Bukannya persaingan sudah selesai? Dari yang saya baca, tidak ada yang memberi kami kesempatan. Ini sudah selesai,” ujar Pep sambil tersenyum, dilansir bbc.com, Rabu.

Pep memilih fokus menghadapi pertandingan satu per satu ketimbang berpikir soal peluang merebut gelar juara. Apalagi Kevin De Bruyne dkk. bakal menghadapi derbi Manchester melawan Manchester United akhir pekan ini. “Dengan jarak yang kami miliki melawan Liverpool, rasanya akan gila jika berpikir soal gelar, jujur saja,” kata dia.

City sejatinya telah kembali ke performa terbaik saat bersua Burnley. Mereka memainkan operan-operan matang yang sudah jarang terlihat pada beberapa laga sebelumnya. Striker Gabriel Jesus sukses mengakhiri puasa golnya pada delapan laga beruntun atau sejak 19 Oktober dengan mencetak dua gol sekaligus di Turf Moor.

Gol-golnya pun terbilang ciamik. Gol pertama menunjukkan kualitas finishing-nya lewat sepakan melengkung ke pojok gawang. Sementara gol keduanya memperlihatkan insting di kotak penalti saat menyambar umpan Bernardo Silva. Bagi City, kembalinya ketajaman Jesus tak kalah penting sebab saat ini Sergio Aguero masih terkapar karena cedera. “Ini laga penting. Kami tertinggl delapan poin, jadi kemenangan ini melegakan,” ujar Jesus.

Sumber : JIBI/Solopos