PSS Sudah Pasti Bertahan di Liga 1, Seto Tak Ingin Pemain Berleha-leha

Pelatih Seto Nurdiyantoro - Harian Jogja/Jumali
03 Desember 2019 21:37 WIB Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, SLEMAN - PSS Sleman dipastikan bertahan di Liga 1 2020 setelah meraup 43 hingga pekan ke-30. Dengan empat partai tersisa, nilai PSS tak mungkin disusul dua penghuni teratas zona degradasi: Perseru Badak Lampung FC dan Kalteng Putra yang masing-masing mengemas 30 angka. Perseru dan Kalteng paling banter mengumpulkan 42 angka.

Tambahan tiga poin yang mengantar PSS berada di batas aman didapatkan setelah mengalahkan Peseru 5-1 pada pekan ke-30 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa (3/12/2019) sore.

Namun, capaian ini belum sepenuhnya memuaskan pelatih PSS Sleman Seto Nurdiyantoro. Bertahan di Liga 1 2020 adalah target manajemen klub.

“Saya pribadi ingin PSS masuk 10 besar. Masih ada empat pertandingan dan bisa dimaksimalkan.  Saya ingatkan pemain, bukan waktunya untuk leha-leha. Kami harus kejar target lagi,” kata Seto seusai pertandingan.

“Kepada pemain saya harapkan untuk tetap konsisten di sisa pertandingan dan memiliki motivasi lebih. Secara psikologis harusnya mereka bisa lebih lepas. Jadi tampil lebih impresif bukan untuk individu tetapi untuk tim.” 

PSS langsung memeragakan permainan menyerang sejak awal babak pertama. Peluang didapatkan oleh Yudo pada menit ke-4, tetapi bola masih diamankan oleh kiper Badak Lampung FC, Daryono. Terus menekan, akhirnya PSS mampu unggul 1-0 di menit ke-14 melalui sundulan kepala Yevhen Bokhashvili. Yevhen yang berdiri bebas dan menerima umpan sundulan dari Yudo berhasil menempatkan bola tepat di pojok kanan gawang Daryono.

Menit ke-34, PSS berhasil menggandakan keunggulan melalui Yevhen Bokhashvili. Yevhen yang lepas dari jebakan offside berhasil memperdayai kiper Badak Lampung FC.

Masuk babak kedua, PSS masih terus menekan dan mengambil alih permainan. Menit ke-52, giliran Haris Tuharea menambah keunggulan PSS menjadi 3-0. Tanpa terkawal, Haris dengan mudah menceploskan bola ke dalam gawang Daryono.

PSS terus tampil dominan dan menambah keunggulan menjadi 4-0 melalui Ocvian Chanigio pada menit ke-56. Seolah belum puas dengan skor 4-0, PSS kembali menekan dan alhasil, giliran Yudo mencatatkan namanya di papan skor setelah mencetak gol kelima bagi PSS. Skor 5-0 untuk keunggulan PSS.

Seusai unggul 5-0, PSS masih terus menekan. Namun, Badak Lampung yang juga tampil menekan akhirnya mampu memperkecil ketertinggalan melalui Aulia Hidayat pada menit ke-76. Skor 5-1 untuk keunggulan PSS bertahan hingga akhir babak kedua.