MU Vs Spurs: Kembali ke Old Trafford, Mou Ingin Reuni

Jose Mourinho - Reuters/Andrew Boyers
03 Desember 2019 23:07 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Jose Mourinho akan kembali ke Old Trafford selain tengah pekan ini.

Setelah didepak Manchester United (MU) pada Desember 2018, ini kali pertama Mou berkesempatan menjejakkan kembali kakinya di Theatre of Dreams. Mou akan memimpin pasukan Tottenham Hotspur menghadapi sahibulbait pada laga pekan ke-15 Liga Premier Inggris. Mengantongi tiga kemenangan beruntun selepas menakhodai Spurs, The Special One berpeluang melanjutkan momentum tersebut dengan menaklukkan United di Old Trafford, Kamis (5/12/2019) dini hari WIB.

Tuan rumah memang belum kunjung bangkit setelah hanya memenangi dua dari sembilan laga terakhir di Liga Premier. Akhir pekan lalu, tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer ditahan imbang tim papan bawah Aston Villa 2-2- sehingga membuat mereka tertahan di urutan kesembilan, tertinggal 22 poin dari pemuncak klasemen Liverpool.

Catatan 18 poin dari 14 laga tersebut bahkan menjadi torehan terendah MU sejak musim 1988/1999. Pada tahun itu, MU akhirnya finis di posisi ke-11 dengan selisih 25 angka dari sang juara Arsenal.

Status pelatih permanen benar-benar mengubah keberuntungan Solskjaer di United. Dilansir The Athletic, Solskjaer hanya meraih enam kemenangan, delapan imbang, dan delapan kekalahan pada 22 pertandingan sebagai pelatih permanen (26 poin). Artinya, Solskjaer hanya bisa menorehkan 23,7% kemenangan di Liga Premier.

Angka itu lebih buruk dari mantan pelatih MU sebelumnya, Jose Mourinho dan David Moyes. Mou bisa memetik 41 poin di 22 laga terakhirnya, sedangkan Moyes yang hanya bertahan enam bulan bisa mengumpulkan 37 poin di periode yang sama. Adapun Louis van Gaal meraih 40 poin atau 14 angka lebih banyak dibandingkan Solskjaer. 

Fakta ini tentu bisa mengusik masa depan Solskjaer apabila memetik hasil buruk kontra Spurs. Sejumlah media Inggris mengabarkan nasib sang pelatih akan ditentukan hasil melawan Tottenham dan Manchester City.

The Sun bahkan menyebut Solskjaer telah mengatakan pada para pemain MU bahwa dia tengah di ambang pemecatan. Namun, sang pelatih menegaskan timnya akan bekerja keras untuk melalui pekan berat melawan Spurs dan City.

“Dua pertandingan ini adalah peluang yang sangat bagus untuk membuktikan bahwa kami mampu bersaing dengan tim-tim yang lebih baik,” ujar Solskjaer dilansir manutd.com.

Kemenangan di Old Trafford akan menjadi sangat krusial karena MU berpeluang naik ke peringkat kelima. Sayang MU dipastikan belum bisa memainkan Paul Pogba di laga tersebut karena cederanya belum sembuh total.

Sementara itu, sang arsitek Spurs, Jose Mourinho, merasa enjoy bisa kembali ke Old Trafford. The Special One dikabarkan memiliki agenda khusus yakni menemui staf United yang pernah bekerja dengannya. Ada beberapa sosok yang akan ditemui Mourinho seperti Mike Donelly, koki kepala MU.

Mourinho mengaku mendapatkan banyak ucapan selamat dari mantan rekannya di Manchester United setelah ditunjuk sebagai pelatih baru Tottenham. “Mereka adalah orang yang spesial,” ujarnya seperti dilansir metro.com.

Sumber : JIBI/Solopos