SEA Games 2019: Kalah 1-2 dari Vietnam, Indonesia Punya 3 Skenario untuk Lolos ke Semifinal

Dua pemain andalan Timnas Indonesia U-23, Osvaldo Haay (kiri) dan Rachmat Irianto. - Antara/Sigid Kurniawan
01 Desember 2019 22:27 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Timnas Indonesia kalah tipis 1 - 2 dari Vietnam pada pertandingan ketiga Grup B sepak bola putra SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Filipina, Minggu (1/12/2019).

Kekalahan tersebut menempatkan Indonesia untuk sementara berada di posisi ketiga klasemen Grup dengan nilai 6 hasil menang masing-masing dengan skor 2 - 0 atas juara bertahan Thailand dan Singapura.

Meski demikian, peluang Indonesia untuk melaju ke fase empat besar tetap dapat dikatakan terbuka lebar, mengingat dua lawan tersisa adalah Laos dan Brunei Darussalam yang merupakan tim-tim terlemah di Grup B.

Peluang Indonesia juga terhitung cukup besar, karena Thailand dan Vietnam akan bakubunuh di matchday terakhir. Hasil pertandingan kedua tim tersebut akan ikut menentukan peluang Indonesia untuk ke semifinal.

Oleh karena tiga pertandingan matchday terakhir akan digelar bersamaan pada Kamis (5/12/2019) petang, tak ada jalan bagi Indonesia kecuali harus memetik kemenangan besar atas Laos dan Brunei untuk mengantisipasti kemungkinan Thailand, Vietnam, dan Indonesia sama-sama finis dengan nilai 12.

Itu merupakan skenario pertama apabila Thailand mampu memetik kemenangan atas Vietnam dalam pertandingan matchday terakhir tersebut.

Dalam kondisi demikian, ketiga tim saling mengalahkan dan selisih gol akan berperan penting karena jika dua atau lebih tim mempunyai nilai yang sama, selisih gol seluruh pertandingan yang akan diperhitungkan, bukan head to head antartim yang nilainya sama.

Dalam keadaan Thailand menang atas Vietnam, Indonesia memiliki kemungkinan untuk tampil sebagai juara Grup B berkat keunggulan selisih gol.

Skenario kedua, jika Vietnam yang berhasil menaklukkan Thailand, Indonesia seenarnya cukup menang denghan skor berapa saja atas Laos dan Brunei.

Dalam kondisi seperti itu, Vietnam akan tampil sebagai juara Grup B dengan nilai sempurna 15, dengan asumsi menang atas Singapura dalam pertandingan matchday keempat pada Selasa (3/12/2019).

Indonesia, dengan asumsi menang atas Brunei dan Laos, finis di peringkat kedua Grup B dengan nilai 12, sedangkan Thailand, dengan asumsi menang atas Lapos di matchday keempat, mengoleksi nilai 9.

Skenario ketiga, jika Thailand dan Vietnam imbang dan Indonesia berhasil memenangi laga kontra Brunei dan Laos, Evan Dimas Darmono dan kawan-kawan finis sebagai runner-up dengan nilai 12, di bawah Vietnam dengan nilai 13, sedangkan Thailand tersingkir karena hanya mengisi slot ketiga dengan nilai 10.

Saat menghadapi Vietnam, Indonesia unggul terlebih dulu di babak pertama lewat gol Fauzi Riski Sani pada menit ke-23. Vietnam menyamakan kedudukan di  menit ke-63 lewat gol Nguyen Thanh Chung. Vietnam kemudian menambah gol berkat sepakan jarak jauh Nguyen Hoang Duc di injury time babak kedua.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia