Advertisement

SEA Games 2019: Bungkam Singapura, Indonesia Bisa Tenang Hadapi Vietnam

Chrisna Chaniscara
Kamis, 28 November 2019 - 22:37 WIB
Budi Cahyana
SEA Games 2019: Bungkam Singapura, Indonesia Bisa Tenang Hadapi Vietnam Penyerang Indonesia U-22 Osvaldo Haay (kanan) berebut bola dengan gelandang Singapura Irfan Fandi Ahmad, kamis (28/11/2019). - Antara/Sigid Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, MANILA—Timnas Indonesia U-22 mendapat suntikan kepercayaan diri tinggi menjelang duel berat melawan Vietnam U-22 setelah menumbangkan Singapura U-22 dua gol tanpa balas.

Osvaldo Haay kembali menjadi protagonis lewat torehan satu gol dan satu assist dalam laga di Stadion Rizal Memorial, Kamis (28/11/2019) malam. Sebelumnya, Osvaldo juga mencetak satu gol saat Indonesia menumbangkan Thailand.

Advertisement

Ini menjadi kemenangan kedua beruntun Garuda Muda di babak penyisihan Grup B SEA Games 2019. Namun, hasil itu belum mampu mengudeta Vietnam dari puncak klasemen. Pada hari yang sama, Vietnam juga mencetak kemenangan keduanya dengan menggasak Laos, 6-1.

Dengan sama-sama mengantongi enam poin, duel Indonesia kontra Vietnam pada Minggu (1/12/2019) menjadi laga krusial untuk menentukan siapa penguasa Grup B. Pemenang laga tersebut hampir pasti bisa mengamankan tiket ke semifinal.

Jika melihat performa Egy Maulana Vikri dkk. saat membungkam Singapura, publik Indonesia boleh berharap tim kebanggaan mereka bisa memetik kemenangan ketiga saat melawan Vietnam.

Sempat kesulitan di babak pertama karena pressing ketat lawan, anak asuh Indra Sjafri mulai menemukan ritme di babak kedua. Masuknya Osvaldo Haay menggantikan M. Rafli yang cedera di menit ke-30 menjadi salah satu kunci kemenangan Garuda Muda.

Osvaldo mampu memecah kebuntuan lewat gol menit ke-64 memanfaatkan akselerasinya yang gagal dibendung bek Singapura. Sang winger membayar lunas peluang yang dia sia-siakan beberapa menit sebelumnya.  Sembilan menit kemudian pemain Persebaya itu giliran memberikan umpan yang mampu dikonversi Asnawi Mangkualam menjadi gol.

Gol bermula dari umpan terobosan Asnawi yang membelah pertahanan Singapura. Osvaldo yang lolos dari jebakan offside dengan tenang menguasai bola dan memberikan bola kembali pada Asnawi. Dengan satu sontekan, Asnawi sukses mengubah skor menjadi 2-0. Asnawi hampir saja mencetak brace andai sepakannya di menit ke-78 tak menerpa mistar gawang. Ketinggalan dua gol, Singapura meningkatkan intensitas serangan. Sayang sundulan Irfan Fandi yang tanpa pengawalan di menit ke-81 hanya membentur tiang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal Proliga 2024 Kamis 24 April, Pertandingan Pertama LavAni vs Garuda Jaya

Olahraga
| Kamis, 25 April 2024, 09:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement