PSS Takluk di Kandang Barito Putera, Ini Kata Pelatih

Pelatih PSS Sleman Seto Nurdiyantoro dan pemain PSS Samuel saat memberikan keterangan usai timnya dikalahkan Barito Putera dengan skor 1-0, Kamis (28/11/2019) malam. - Istimewa
28 November 2019 21:07 WIB Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, BANJARMASIN - Pelatih PSS Sleman Seto Nurdiyantoro mengungkapkan faktor kelelahan dan kejenuhan pemain membuat timnya menelan kekalahan 0-1 dari tuan rumah Barito Putera pada pekan ke-29 Liga 1 2019, Kamis (28/11/2019) malam di Stadion Demang Lehman, Martapura. Gol tunggal sahibulbait dicetak oleh Rafael Silva di menit ke-4.

“Ada faktor kelelahan dan kejenuhan dari pemain sehingga gairah memenangi pertandingan tak tampak kali ini. Ini jadi pekerjaan rumah bagi kami. Di sisa laga Liga 1, kami ingin mencari minimal tiga poin. Mudah-mudahan bisa lebih baik untuk selesaikan kompetisi,” kata Seto seusai pertandingan.

Menurut Seto, tempo pertandingan antara Barito Putera melawan PSS Sleman tidak terlalu tinggi. Selain itu, PSS juga bisa mengimbangi Barito Putera. “Selamat untuk Barito yang memenangi pertandingan hari ini,” ucap Seto.

Sementara, bek kiri PSS Sleman Samuel Cristianson Simanjuntak mengungkapkan banyak peluang yang dihasilkan timnya pada pertandingan kali ini. “Tetapi kami kurang memanfaatkan kesempatan yang ada,” katanya.

Akibat kekalahan yang dialami di kandang Barito Putera, PSS Sleman harus rela turun peringkat dari kedelapan kesembilan.

PSS yang tampil tanpa sejumlah pemain pilar langsung ditekan oleh barisan penyerang Barito Putera. Barito membuka peluang melalui Fransisco Wagsley Torres di menit kedua. Namun sepakan jarak dekat yang dia lakukan masih melebar di sisi kiri gawang.

Terus menekan, Barito akhirnya membuka keunggulan pada menit ke-4. Melalui skema serangan balik, Rizky Pora yang mengirimkan umpan lambung langsung disambut dengan tendangan fist time Rafael Silva pada menit ke-4. Bola gagal diantisipasi oleh Ega Rizky. Skor 1-0 untuk keunggulan Barito Putera.

PSS langsung mencoba menekan melalui Yevhen Bockashvili. Sayang kerja sama yang tidak rapi membuat mampu ditepis lini belakang Barito Putera. 

Barito mulai melakukan perubahan pada menit ke-28. Rafael ditarik dan digantikan Samsul Arif. Peluang pun didapatkan. Tapi, tembakan dari Samsul masih bisa diblok lini belakang Super Elang Jawa. Skor 1-0 sendiri bertahan hingga akhir babak pertama.

Di babak kedua, PSS mencoba langsung menekan. Tetapi lagi-lagi, serangan selalu kandas di lini belakang Barito Putera. Sebaliknya, Barito justru mendapatkan peluang dari tendangan bebas setelah Bayu Pradana. Namun, bola masih meleset jauh dari sasaran. Begitu juga dengan peluang Barito Putera melalui Rizky Pora pada menit ke-65, yang gagal diteruskan Samsul Arif melalui sundulan kepala. Hingga empat menit tambahan waktu di pertandingan babak kedua selesai, skor 1-0 untuk kemenangan Barito Putera tetap bertahan.