Barcelona dan Leipzig Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions

Pemain bintang FC Barcelona Lionel Messi - Reuters/Albert Gea
28 November 2019 09:02 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – FC Barcelona dan RB Leipzig lolos ke 16 besar Liga Champions Eropa, sementara Liverpool dan Napoli berbagi skor imbang 1 - 1 dalam mathday kelima pada Kamis (28/11/2019) dini hari WIB.

Barcelona dan Leipzig berhasil meraih kemenangan yang memastikan tiket ke fase knock out dalam genggaman mereka.

Di Grup F, Juara La Liga Spanyol Barcelona mengatasi wakil Jerman Borussia Dortmund dengan skor 3-1.

Di Stadion Camp Nou di Barcelona, Spanyol, Luis Suarez membuka skor pada menit 29 dan 4 men it kemudian Lionel Messi menggandakan keunggulan tuan rumah.

Pada babak kedua, Antoine Griezmann mencatatkan nama di papan skor setelah menyambar assist Messi pada menit 67, sedangkan Dortmund hanya bisa membalas sebiji gol 10 menit kemudian lewat aksi Jadon Malik Sancho.

Namun, kemenangan Barca ini diwarnai cederanya Ousmane Dembele. Dia harus ditarik keluar pada menit ke-26 untuk digantikan Griezmann.

Kemenangan ini memastikan Barca ke 16 besar sebagai juara grup. Dortmund men gisi posisi ketiga klasemen sementara dengan nilai 7, sama dengan Inter Milan di posisi kedua, tapi Dortmund kalah head to head dan selisih gol.

Di laga lain Grup F, Inter menundukkan tuan rumah Slavia juga 3 - 1 di Stadion Sinobo di Praha, Republik Cheska.

Lautaro Martrinez encetak dua gol pada menit 19 dan 88, diselingi gol Romelu Lukaku menit 81, sedangkan tuan rumah sempat menyamakan skor 1-1 lewat penalti Tomas Soucek pada menit 37.

Kekalahan ini menempatkan Slavia Praha di dasar klasemen dengan nilai hanya 2 dan dipastikan gagal melaju ke babak 16 besar.

Sementara itu, Leipzig memastikan ke 16 besar dari Grup G setelah seri 2 - 2 melawan tamunya dari Portugal, Benfica, di Stadion Red Bull di Leipzig, Jerman.

Tuan rumah baru bisa membalas dua gol di ujung pertandingan lewat kontribusi Emil Forsberg pada menit 90 dari titik penalti dan 6 menit kemudian, saat injury time.

Sebelumnya tamu mencetak dua gol lewat Pizzi, yang punya nama asli Luis Miguel Duarte, pada menit 20 dan Carlos Vinicius tepat pertandingan berjalan 1 jam.

Hasil ini cukup unbtujk memastikan Leipzig lolos ke 16 besar setidaknya sebagai runner-up grup.

Hasil laga lain Grup G ialah Zenit St. Peterburg mengalahkan Lyon 2 - 0, yang membuka asa Zenit untuk lolos dan kini klub Rusia itu menempati posisi kedua dengan nilai.

Selisih gol dan poin Zenit dan Lyon persis sama yakni 7-6 dengan nilai 7, tetapi Zenit unggul head to head 3 - 1 atas Lyon. Adapun Benfica di dasar klasemen den gvan nilai 4 dan dipastikan gagal lolos ke 16 besar.

Di Grup E, Liverpool dipaksa imbang Napoli 1 - 1 di Anfield. Gol Dries Mertens untuk Nap;oli pada menit 21 dibalas Dejan Lovren di menit 65.

Di laga lain, wakil Austria Red Bull Salzburg menundukkan tuan rumah Genk 4 - 1 di Belgia, hasil yang men jaga asa Salzburg untuk lolos.

Liverpool memimpin klasemen dengan nilai 10, diikuti Napoli 9, Salzburg 7, dan Fenk 1, telah dipastikan tersingkir.

Di Grup H, Ajax memimpin klasemen sementara setelah menaklukkan tuan rumah Lille 2-0, tapi belum pasti lolos karena di loaga lain Chelsea mengimbangi tuan rumah Valencia 2-2,

Dengan hasil dua laga itu, Ajax memimpin klasemen dengan nilai 10, tapi masih bisa digeser oleh Chelsea dan Valencia yang masing-masing memiliki 8 poin, sedangkan Lille dengan nilai 1 di dasar klasemen dan tersingkir.

Sumber : Bisnis Indonesia