Prediksi Barcelona Vs Borussia Dortmund

Marco Reus - Reuters/Leon Kuegeler
27 November 2019 19:07 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Barcelona dan Borussia Dortmund akan berebut tiket lolos pertama dari Grup F Liga Champions di Camp Nou, Barcelona, Kamis (28/11/2019) dini hari WIB.

Kemenangan akan menggaransi salah satu dari mereka melaju ke babak selanjutnya. Sebaliknya, kekalahan bakal berakhir rumit bagi kedua klub, terutama Dortmund. Ini karena Grup F masih memiliki Inter Milan yang siap menelikung sewaktu-waktu.

Petinggi Dortmund dikabarkan telah mengultimatum Pelatih Lucien Favre jelang duel krusial melawan El Barca. Direktur Olahraga Dortmund, Michael Zorc, mengingatkan Favre agar timnya menunjukkan peningkatan agar tidak menjadi bulan-bulanan Antoine Griezmann dkk. di Camp Nou.

Die Borussen sempat tertinggal 0-3 dari tim lemah Paderborn di Bundesliga pekan lalu sebelum akhirnya menutup laga dengan skor 3-3. Paco Alcacer dkk. juga sempat dipermak Bayern Munich 0-4 pada 10 November.

“Kami membutuhkan kinerja Kami butuh kinerja yang baik di lapangan, sehingga Anda bisa tetap melihat ke depan,” ujar Zorc seperti dilansir Barca Blaugranes, Selasa (26/11/2019).

Dortmund memang terancam menjadi santapan empuk tuan rumah apabila tak segera berbenah. Barcelona punya rekor amat gemilang saat menjamu tim-tim Jerman, yakni memenangi 13 dari 14 laga kandang terakhirnya.

Dalam tiga laga terakhir melawan klub Jerman, mereka sukses mencetak sembilan gol dan cuma kebobolan satu gol. Dominasi di kandang kian solid mengingat Barca tak terkalahkan dalam 34 laga terakhir di Camp Nou di Liga Champions, 30 laga di antaranya berbuah kemenangan. Sebaliknya, Dortmund mendadak menjadi “ayam sayur” ketika bertandang ke Spanyol.

Dari 14 lawatan terakhir, mereka cuma menang sekali. Delapan laga lain berujung kekalahan. “Kami berharap ada peningkatan kinerja Borussia Dortmund yang signifikan di sana,” sambung Zorc.

Dengan koleksi delapan poin, Barca sejatinya tinggal butuh hasil imbang kontra Dortmund (tujuh poin) untuk lolos dari fase grup, dengan syarat Inter (empat poin) gagal mengalahkan Slavia Praha.

Namun, hal itu tentu riskan karena Inter diprediksi mampu membekuk Slavia. Jika demikian, persaingan merebut dua tiket bakal sampai laga pamungkas. Barcelona sendiri dalam kondisi yang kurang ideal mengingat minimnya pilihan di lini belakang.

Tiga bek utama mereka yakni Gerard Pique, Nelson Semedo dan Jordi Alba dipastikan absen. Nama pertama harus menepi karena skorsing. Di sisi lain, kondisi Samuel Umtiti masih diragukan meski belakangan disebut telah fit dari cedera lutut.

Ernesto Valverde sampai harus memanggil pemain dari akademi yakni Dani Morer, Oscar Mingueza dan Sergio Akieme sebagai opsi di lini belakang. “Ini laga spesial. Saya sangat ingin bermain setelah absen lama. Saya merasa baik, lutut saya sempurna,” ujar Umtiti dilansir El Mundo.

Sumber : JIBI/Solopos