Madrid, ManCity, Spurs Lolos ke 16 Besar Liga Champions

Ujung tombak Tottenham Hotspur Harry Kane. - Reuters/Matthew Childs
27 November 2019 07:02 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Real Madrid, Manchester City, dan Tottenham Hotspur lolos ke fase knock out atau babak 16 besar Liga Champions Eropa setelah menyelesaikan pertandingan matchday kelima pada Rabu (27/11/2019) dini hari WIB.

Real Madrid lolos dari Grup A mendampingi Paris Saint-Germain (PSG)—yang telah lebih dulu lolos sejak matchday keempat—setelah kedua bermain imbang dengan skor 2 - 2 di Stadion Santiago Bernabeu dengan tuan rumah melepas keunggulan dua gol.

Karim Benzema membuka keunggulan Los Blancos alias Si Putih pada menit ke-17 dan skor 1 - 0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, penyerang berpaspor Prancis itu menggandakan keunggulan tuan rumah pada menit ke-79, tetapi PSG kontan membalas dengan dua gol lewat Kylian Mbappe (81’) dan Pablo Sarabia (83’).

Kepastian lolos ke 16 besar Madrid itu juga disebabkan di laga lainb Club Brige hanya imbang 1-1 ketika bertandang ke Turki melawan tuan rumah Galatasaray.

Dengan hasil dua laga itu, PSG dipastikan finis teratas di Grup A dengan nilai sementara 13, diikuti Madrid 8, Bruges 3, dan Galatasaray 2.

Sementara itu, Manchester City lolos ke 16 besar setelah seri 1 - 1 saat menjamu tamu dari Ukraina, Shakhtar Donetsk, di Stadion Etihad di Manchester. Ilkay Gundogan membuka keunggulan City pada menit ke-56, tapi dibalas tamu lewat Manor Salomon pada menit 69.

Dengan hasil itu, City dipastikan menjadi juara Grup C dengan nilai sementara 11, sedangkan di posisi kedua dengan nilai Shakhtar 6.

Hasil laga lain Grup C ialah Atalanta menundukkan Dinamo Zagreb 2 - 0 di Bergamo, Italia. Hasil itu men ghidupkan peluang Atalanta untuk lolos ke 16 besar. Sinamo saat ini duduk di slot ketiga dengan nilai 5, sedangkan Atalanta 4.

Adapun Tottenham Hotspur lolos ke 16 besar mendampingi Bayern Munchen—yang sudah pasti lolos sejak matchday keempat—dari Grup B setelah menundukkan tamu dar Yunani, Olympiakos Piraeus, 4 - 2 di London.

Spurs sempat tertinggal 0 - 2 akibat gol Youssey El-Arabi (6’) dan Ruben Semedo (19’), tapi membalas empat gol leway Dele Alli (45’), Harry Kane (50’, 77’), dan Serge Aurier (73’).

Hasil laga lainnya di Grup B ialah Bayern Munchen membantai tuan rumah Red Star di Beograd, Serbia, 6 - 0, ditandai empat gol alias quattrick Robert Lewandowski, diengkapi dua gol lain melalui Leon Goretzka sebagai gol pembuka dan Corentin Tolissi gol penutup.

Dengan hasil dua laga itu, Munchen tetap teratas dan dipastikan juara grup dengan nilai sementara 15, diikuti Spurs 10, sedangkan Red Star 3 dan Olympiakos 1 tersingkir.

Yang juga memainkan matchday kelima pada Rabu dini hari WIB adalah Grup D. Juventus, yang telah memastikan lolos sejak pekan keempat, memastikan finis sebagai juara grup setelah menundukkan Atletico Madrid di Turin, Italia, 1 - 0 berkat gol Paulo Dyvala pada injury time babak pertama.

Di pertandingan lain, Bayer Leverkusen menang dengan skor 2 - 0 di markas Lokomotiv Moskwa.

Dengan hasil dua laga itu, Juventus teratas dengan nilai 7, diikuti Atletico Madrid 7, Leverkusen 6, dan Lokomotiv 3. Atletico dan Leverkusen masih berebut posisi runner-up ubntuk lolos ke 16 besar, sedangkan Lokomotiv tersingkir.

Sumber : Bisnis Indonesia