SEA Games 2019: Babak Pertama, Indonesia Ungguli Thailand 1-0

Egy Maulana Vikri (tengah) - AFF
26 November 2019 15:47 WIB Andhika Anggoro Wening Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Penyerang Egy Maulana Vikri membawa Indonesia 1-0 atas Thailand pada partai pertama Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial,  Manila, Filipina, Selasa (26/11/2019).

Egy Maulana Vikri mencetak gol di menit ke-4 setelah memanfaatkan kemelut di depan gawang Thailand. Pada 15 menit pertama, Indonesia lebih banyak mengandalkan Egy di sisi sebelah kanan. Saddil Ramdani yang beroperasi di sebelah kiri jarang mendapat asupan bola.

Di pertandingan ini, pelatih Indra Sjafri memasang Nadeo Argawinata sebagai kiper yang ditemani empat pemain bertahan yaitu Asnawi Bahar, Bagas Adi Nugroho, Andy Setyo, dan Firza Andhika.  Di sektor gelandang ada dua nama pemain senior, Evan Dimas dan Zulfiandi bertandem dengan Syahrian Abimanyu.

Evan dan Zulfiandi erat kaitannya dengan sejarah kesuksesan Indra Sjafri sebagai seorang pelatih. Performa dua nama tersebut sangat mencolok kala timnas U-19 Indonesia yang saat itu dilatih Indra Sjafri menjuarai Piala AFF U-19 tahun 2013 dan lolos ke Piala Asia U-19 di tahun yang sama. 

Zulfiandi bisa dikatakan layaknya tembok kokoh di lini tengah, yang membuatnya langganan pula dipanggil timnas Indonesia. Sementara Evan Dimas, yang saat ini merupakan gelandang andalan timnas Indonesia, adalah pemain dengan daya jelajah tinggi penyambung sektor belakang dan depan.

Sihir kedua pemain tersebut dinilai Indra Sjafri sebagai ‘puzzle’-nya yang hilang. Ditambah nama lain seperti Rachmat Irianto sebagai gelandang bertahan, Indra ingin membangun tim yang kuat di tengah hingga belakang.

Indra Sjafri menurunkan trio penyerang Egy Maulana Fikri, Saddil Ramdani dan Muhammad Rafli. Khusus Egy dan Saddil, kedua pemain ini bisa turun membantu pertahanan jika mendapat serangan dari lawan.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia