Italia Menang Besar 9 - 1, Spanyol 5 - 0, Swiss & Denmark Melaju ke Euro 2020

Para pemain Italia memberi salam ke,enangan kepada penonton setelah menghabisi Armenia 9 - 1. - Reuters/Ciro de Luca
19 November 2019 10:02 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Italia, Spanyol, dan Swiss pesta gol dalam laga matchday terakhir kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2020. Bagi Swiss, kemenangan itu membawanya lolos ke putaran final, sebagaimana juga dicapai oleh Denmark di grup yang sama.

Dalam laga di Grup J pada Selasa (19/11/2019) dini hari WIB di Stadion Renzo Barbera di Palermo, tuan rumah Italia menghabisi tamunya Armenia dengan skor super telak 9 - 1, yang ditandai dengan Ciro Immobile dan Nicolo Zaniolo masing-masing mencetak dua gol.

Immobile membuka skor pada menit ke-8 dan semenit kemudian Zaniolo menggandakan keunggulan skuat berjuluk Gli Azzurri alias Si Biru.

Saat turun minum tuan rumah sudah unggul empat gol setelah Bicolo Barella menjaringkan gol pada menit ke-29 dan Immobile kembali mencatatkan namanya di papan skor hanya berselang 4 menit berikutnya.

Pesta Italia berlanjut pada babak kedua dengan gol-gol Zaniolo (64’), Alessio Romagnoli (72’), penalti Jorginho (75’), Riccardo Orsollini (77’), dan Federico Chiesa (81’). Armenia hanya mampu melesakkan sebiji gol balasan lewat Edgar Babayan 2 menit sebelum gol Chiesa.

Hasil dua laga lainnya di Grup J pada mathday terakhir ialah Bosnia-Herzegovina menaklukkan tuan rumah Liechtenstein 3 - 0 di Stadion Rheinpark di Vaduz serta Yunani menang 2 - 1 atas tamunya di Stadion Olimpiade Athena.

Dengan hasil tiga laga terakhir itu, Italia dan Finlandia finis di posisi dua teratas dengan nilai masing-masing 30 dan 18. Keduanya memang telah memastikan diri lolos ke putaran final Euro tahun depan sebelum pertandingan matchday terakhir dimulai.

Klasemen berikutnya, Yunani mengisi setrip ketiga dengan nilai 14, diikuti Bosnia-Herzegovina 13, Armenia 10, dan Liechtenstein di dasar klasemen dengan nilai hanya 2.

Meski hanya finis di peringkat keempat, Bosnia-Herzegovina tetap berpeluang meraih tiket ke putaran final lewat jalur playoff. Hal itu disebabkan tim-tim yang lolos ke playoff ditentukan berdasarkan raihan mereka di ajang Nations League 2018 - 2019, bukan klasemen kualifikasi Euro.

Kemenangan besar juga dicatatkan Spanyol yang menang lima gol tanpa balas atas tamunya Rumania di Grup F di Stadion Wanda Metropolitano di Madrid.

Kelima gol tuan rumah dicetak oleh Fabian Ruiz (8’), Gerard Moreno (33’ dan 43’), bunuh diri pemain Rumania Adrian Rus (45’), dan Mikel Oyarzabal ketika pertandingan babak kedua telah memasuki injury time.

Di laga lainnya di grup ini Swedia menundukkan tamunya Kepulauan Faroe dengan skor telak 3 - 0 di Friends Arena di Solna dan Norwegia mengatasi tuan rumah Malta 2 - 1 di Stadion Nasional di Ta’ Qali.

Dengan hasil tiga laga tersebut, Spanyol dan Swedia mengisi posisi dua teratas klasemen akhir dengan nilai masing-masing 26 dan 21. Keduanya telah memastikan diri lolos ke putaran final sebelum pertandingan matchday terakhir dimulai.

Klasemen akhir Grup F berikutnya diisi Norwegia 17, Rumania 14, serta Kepulauan faroe dan Malta masing-masing hanya mendulang 3 angka.

Norwegia dan Rumania, meskipun  hanya menduduki peringkat ketiga dan keempat di klasemen akhir, tetap berpeluang meraih tiket ke putaran final lewat jalur playoff. Tim-tim yang lolos ke playoff ditentukan berdasarkan raihan mereka di Nations League 2018 - 2019, bukan klasemen kualifikasi Euro.

Di Grup D, Swiss menang besar 6 - 1 atas tuan rumah Gibraltar di Stadion Victoria. Gol-gol tim tamu dikontribusi oleh Cedric Itten (10’ dan 84’), Ruben Vargas (50’), Christian Fassnacht (57’), Loris Benito (75’), dan Granit Xhaka (86’), sedangkan satu-satunya gol tuan rumah dicetak Reece Styche (74’).

Di laga lainnya, tuan rumah Republik Irlandia dipaksa imbang Denmark 1 - 1 di Stadion Aviva di Dublin. Irlandia bahkan nyaris kalah, beruntung Matt Doherty bisa memberi gol balasan 6 menit menjelang laga usai untuk mengimbangi gol Denmark yang dipasok Martin Braithwaite 12 menit sebelumnya.

Dengan hasil dua laga terakhir itu, Swiss dan Denmark lolos langsung ke putaran final karena finis di dua posisi teratas dengan nilai masing-masing 17 dan 16.

Repubik Irlandia (13) dan Georgia (8) hanya finis di posisi ketiga dan keempat, tapi keduanya masih berpeluang meraih tiket putaran final lewat jalur playoff, sedangkan Gibraltar tersingkir dengan mengakhiri kualifikasi di dasar klasemen Grup D tanpa nilai karena selalu menelan kekalahan.

Terdapat 55 tim yang berebut 24 tiket ke putaran final Euro 2020, yang digelar di 12 negara, format yang baru diterapkan mulai edisi tahun depan.

Ke-55 tim itu terbagi dalam 10 grup. Juara dan runner up setiap grup lolos ke putaran final, sedangkan empat lainnya ditentukan melalui playoff.

Berbeda dengan edisi sebelumnya, peserta playoff bukan ditetapkan berdasarkan hasil klasemen akhir kualifikasi, melainkan mengacu pada raihan mereka di Nations League musim 2018 - 2019.

Juara bertahan Euro adalah Portugal. Dalam pertandingan final Euro 2016 di Prancis, Portugal menundukkan tuan rumah dengan skor tipis 1 - 0 melalui perpanjangan waktu.

Sumber : Bisnis Indonesia