Kualifikasi Euro 2020, Prancis & Turki Sama-Sama Menang 2 - 0

Penyerang Timnas Prancis Antoine Griezmann - Reuters/Charles Platiau
18 November 2019 12:02 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Prancis dan Turki, yang sebelum memulai pertandingan telah memastikan lolos ke putaran final Piala Eropa (Euro) 2020, mengakhiri babak kualifikasi dengan menang 2 - 0 di laga tandang.

Dalam pertandingan terakhir kualifikasi Grup H di Arena Kombetare di Tirana, pada Senin (18/11/2019) dini harti WIB, Prancis memetik kemenangan atas tuan rumah Albania berkat gol-gol Corentin Tolisso (8’) dan Antoine Griezmann (31’).

Sementara itu, pada saat bersamaan, Turki juga menang dengan skor serupa atas tuan rumah Andorra di Stadion Nasional di Andorra La Vella berkat dua gol dari Enes Unal pada menit ke-17 dan 4 menit kemudian hasil eksekusi penalti.

Satu laga lain di Grup H pada Senin dini hari WIb ialah Islandia juga menang tandang 2 - 1 atas tuan rumah Moldova di Stadion Zimbru di Chisinau.

Dengan hasil tiga pertandingan tersebut, Prancis mengakhiri babak kualifikasi sebagai juara Grup G dengan koleksi 25 angka, diikuti Turki 23, keduanya lolos ke putaran final Euro 2020.  Peringkat berikutnya diisi  Islandia 19, Albania 13, Andorra 4, dan Moldova 3.

Meskipun hanya finis di peringkat ketiga, Islandia lolos ke jalur playoff yang akan memperebutkan empat tiket tersisa di luar jatah juara dan runner-up 10 grup.

Terdapat 55 tim yang berebut 24 tiket ke putaran final Euro 2020, yang digelar di 12 negara, format yang baru diterapkan mulai edisi tahun depan.

Ke-55 tim itu terbagi dalam 10 grup. Juara dan runner up setiap grup lolos ke putaran final, sedangkan empat lainnya ditentukan melalui playoff.

Berbeda dengan edisi sebelumnya, peserta playoff bukan ditetapkan berdasarkan hasil klasemen akhir kualifikasi, melainkan mengacu pada raihan mereka di Nations League musim 2018 - 2019.

Juara bertahan Euro adalah Portugal. Dalam pertandingan final Euro 2016 di Prancis, Portugal menundukkan tuan rumah dengan skor tipis 1 - 0 melalui perpanjangan waktu.

Sumber : Bisnis Indonesia