Advertisement

Inggris Akhiri Kualifikasi Euro 2020 dengan Menang Besar di Kosovo

M. Syahran W. Lubis
Senin, 18 November 2019 - 11:02 WIB
Galih Eko Kurniawan
Inggris Akhiri Kualifikasi Euro 2020 dengan Menang Besar di Kosovo Striker dan kapten Timnas Inggris Harry Kane setelah menjebol gawang Kosovo. - Reuters/Carl Recine

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Inggris mengakhiri babak kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2020 dengan manis setelah menang besar 4 - 0 atas tuan rumah Kosovo pada matchday terakhir Grup A pada Senin (18/11/2019) dini hari WIB.

Bermain di Stadion Fadil Vokrri di Pristina, Kosovo, keempat gol Inggris dilesakkan Harry Winks (32’), Harry Kane (79’), Marcus Rashford (83’), dan Mason Mount ketika babak kedua telah memasuki injury time.

Advertisement

Inggris memulai pertandingan tersebut dengan status sudah memastikan menggenggam tiket putaran final Euro tahun depan dan di sisi berseberangan, Kosovo pun telah memastikan lolos ke jalur playoff yang akan memperebutkan empat tiket tersisa di luar jatah setiap juara dan runner-up grup.

Hasil berbeda didapatkan Republik Cheska yang juga telah berstatus lolos ke putaran final Euro 2020 sebelum memulai pertandingan melawan tuan rumah Bulgaria di Stadion Vasil Levski di Sofia.

Republik Cheska menyerag dengan skor tipis 0 - 1 lantaran gagal memberikan balasan terhadap gol tuan rumah yang dilesakkan Vasil Bozhikov pada menit ke-56.

Dengan hasil dua pertandingan itu, Inggris dan Republik Cheska tidak tergoyahkan berada di posisi dua teratas klasemen akhir Grup dengan nilai masing-masing 21 dan, diikuti Kosovo dan Bulgaria masing-masing 11 dan 6, keduanya masuk jalur playoff, sertta Montenegro (3) di dasar klasemen dan tersingkir.

Terdapat 55 tim yang berebut 24 tiket ke putaran final Euro 2020, yang digelar di 12 negara, format yang baru diterapkan mulai edisi tahun depan.

Ke-55 tim itu terbagi dalam 10 grup. Juara dan runner up setiap grup lolos ke putaran final, sedangkan empat lainnya ditentukan melalui playoff.

Berbeda dengan edisi sebelumnya, peserta playoff bukan ditetapkan berdasarkan hasil klasemen akhir kualifikasi, melainkan mengacu pada raihan mereka di Nations League musim 2018 - 2019.

Juara bertahan Euro adalah Portugal. Dalam pertandingan final Euro 2016 di Prancis, Portugal menundukkan tuan rumah dengan skor tipis 1 - 0 melalui perpanjangan waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

MotoGP Portugal 2024: Bagnaia Buka Suara Terkait Insidennya dengan Marc Marquez

Olahraga
| Senin, 25 Maret 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement