Juara Bertahan Portugal Lolos ke Putaran Final Euro 2020

Ujung tombak dan kapten Timnas Portugal Cristiano Ronaldo. - Reuters/Pedro Nunes
18 November 2019 10:02 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Portugal memastikan satu tiket ke putaran final Piala Eropa (Euro) 2020 usai menang 2 - 0 atas tuan rumah Luksemburg dalam pertandingan terakhir Grup B babak kualifikasi di Stadion Josy Barthel, Minggu (17/11/2019) malam WIB.

Dua gol yang dicetak Bruno Fernandes pada menit ke-39 dan sontekan Cristiano Ronaldo pada menit ke-86 mengantarkan Portugal menempati posisi kedua klasemen akhir Grup B dengan koleksi 17 poin, demikian catatan laman resmi Union of European Football Associations (UEFA).

Raihan itu praktis mengantarkan Portugal lolos ke putaran final Piala Eropa 2020 mendampingi Ukraina yang sejak sebulan lalu sudah memastikan lolos.

Portugal, juara bertahan Euro, mesti menang kontra Luksemburg untuk bisa menentukan nasibnya sendiri tanpa terpengaruh apa pun hasil laga lain yang berlangsung bersamaan antara Serbia kontra Ukraina.

Hal itu membuat pelatih kepala Fernando Santos tetap mengandalkan Ronaldo dan Andre Silva di lini depan, dengan harapan bisa menduplikasi kontribusi maksimal laiknya kemenangan telak 6-0 kontra Lithuania 3 hari lalu.

Seleccao das Quinas membuktikan diri mereka terlalu tangguh bagi Luksembourg, yang sudah tak punya peluang lolos ke putaran final. Ronaldo dan kawan-kawan menguasai penuh jalannya pertandingan babak pertama dengan dominasi tak kurang dari 63 persen pengendalian bola.

Dominasi itu dikonversi Portugal menjadi enam percobaan tembakan yang tiga di antaranya menemui sasaran, berbanding terbalik dari Luksemburg yang cuma sekali menemui sasaran dari empat percobaan.

Meski dominan, Portugal baru bisa membuka skor pada menit ke-39 ketika umpan lambung Bernardo Silva diterima mulus Bruno Fernandes yang menusuk dari sisi kiri sebelum melepaskan tembakan yang menaklukkan kiper Anthony Moris. Skor 1 - 0 untuk Portugal bertahan hingga turun minum.

Portugal tak mengendurkan serangan mereka pada babak kedua dan Jose Fonte hampir menggandakan keunggulan tim tamu jika saja sundulannya memaksimalkan sepak pojok Pizzi tak melebar dari sasaran.

Kerja keras Portugal baru membuahkan hasil lagi pada menit ke-86 lewat gol Ronaldo yang menyerobot bola penyelamatan Moris atas tembakan Jota. Gol itu memastikan kemenangan Portugal 2 - 0 atas tuan rumah, demikian ditulis Antara.

Di laga lainnya, sebagaimana dilaporkan Reuters, Serbia hanya bermain imbang 2 - 2 saat menjamu Ukraina di Stadion Rajko Mitic di Beograd. Hasil yang sebenarnya kalau menang pun tak berguna untuk mengejar nilai Portugal untuk fisinis sebagai runner up di bawah Ukraina.

Meski begitu, Serbia masih berpeluang lolos ke putaran final lewat playoff yang akan memperebutkan empat tiket tersisa di luar jatah juara dan runner up setiap grup.

Klasemen akhir Grup B: Ukraina 20, Portugal 17, Serbia 14, Luksemburg 4, Lithuania 1.

Terdapat 55 tim yang berebut 24 tiket ke putaran final Euro 2020, yang digelar di 12 negara, format yang baru diterapkan mulai edisi tahun depan.

Ke-55 tim itu terbagi dalam 10 grup. Juara dan runner up setiap grup lolos ke putaran final, sedangkan empat lainnya ditentukan melalui playoff.

Berbeda dengan edisi sebelumnya, peserta playoff bukan ditetapkan berdasarkan hasil klasemen akhir kualifikasi, melainkan mengacu pada raihan mereka di Nations League musim 2018 - 2019.

Juara bertahan Euro adalah Portugal. Dalam pertandingan final Euro 2016 di Prancis, Portugal menundukkan tuan rumah dengan skor tipis 1 - 0 melalui perpanjangan waktu.  

Sumber : Bisnis Indonesia