Spanyol Pesta Gol, Swedia & Finlandia Lolos ke Euro 2020

Para pemain Spanyol merayakan gol ketiga ke gawang Malta di kualifikasi Euro 2020 yang dicetak Pau Torres (tertutup pemain lain) yang belum bermain genap semenit bersama timnas negaranya. - Reuters/Marcelo del Pozo
16 November 2019 13:02 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Dua negara Skandinavia, Swedia dan Finlandia, menjadi tim ke-11 dan 12 lolos ke putaran final Piala Eropa (Euro) 2020 setelah meraih kemenangan dalam pertandingan kualifikasi pada Sabtu (16/11/2019) dini hari WIB.

Sementara itu, Spanyol pesta gol 7 - 0 ketika menjamu Malta. Kemenangan di Stadion Ramon de Carranza di Cadiz, Spanyol, tersebut memastikan skuat berjuluk La Furia Roja tampil sebagai juara Grup G kualifikasi Eruo.

Spanyol memulai pertandingan itu dengan status telah lolos ke putaran final Euro tahun depan setidaknya sebagai runner-up Grup F. Di sisi bersberangan, Malta telah tersingkir sebelum kick off melawan tuan rumah Spanyol.

Tujuh gol tim asuhan pelatih Robert Moreno mencetak gol-gol itu dari tujuh pemain berbeda, dua di antaranya dicetak pemain pengganti, Pau Torres dan Daniel Olmo, sebagai debutan untuk Timnas Spanyol.

Khusus untuk Pau Torres, dia mencetak gol ketiga timnya setelah mendorong bola hasil sundulan kepala Paco Alcacer dengan dadanya dari jarak dekat hanya kurang dari semenit setelah masuk menggantikan kapten tim Sergio Ramos pada menit ke-61.

Gol tersebut menjadikannya sebagai debutan tercepat kedua setelah Fernando Morientes yang mencetak gol untuk Spanyol pada detik ke-52 penampilannya sebagai debutan ketika melawan Swedia pada Maret 1998.

Hebatnya lagi, dalam pertandingan di Vigo, Spanyol, itu Morientes mencetak dua gol dalam rentang waktu hanya 5 menit untuk membawa tuan rumah menang telak 4 - 0 atas Swedia dalam pertandingan persahabatan.

Sementara itu, Olmo mencetak gol kelima Spanyol dengan memanfaatkan assist Thiago Alcantara pada menit ke-69. Olmo baru bermain selama 3 menit ketika menjebol gawang Malta, masuk menggantikan Alvaro Morata.

Sebenarnya Spanyol baru unggul dua gol saat turun minum setelah Morata membuka keunggulan padfa menit ke-23 dan Santi Zazorla menggandakan keunggulan tuan rumah 5 menit menjelang babak pertama berakhir.

Namun, setelah Pau Torres mecetak gol ketiga, gol demi gol pun mengalir deras ke gawang Malta yang dikawal kiper Henry Bonello.

Hanya semenit setelah gol Torres, Pablo Sarabia mencetak gol keempat tuan rumah. Setelah gol kelima lewat Daniel Olmo, Gerard Moreno dan Jesus Navas menambah dua gol lagi pada menit ke-71 dan 85 untuk menjadikan skor akhir 7 - 0.

Dengan kemenangan ini, Spanyol memastikan menjadi juara Grup F dengan nilai 23, berselisih 5 poin dari Swedia yang memastikan finis sebagai runner-up grup meski setiap tim masih menyisakan satu laga lagi.

Kelolosan Swedia dipastikan setelah mereka menaklukkan tuan rumah Rumania dengan skor 2 - 0 di Arena Nationala di Bukarest melalui gol-gol Bengt Erik Berg (18’) dan Robin Quaison (34’).

Rumania dan Norwegia berada di setrip ketiga dan keempat dengan nilai masing-masing 14. Rumania masih mungkin lolos ke jalur playoff yang akan memperebutkan empat tiket ke putaran final selain jatah setiap juara dan runner-up grup, sedangkan Norwegia telah dipastikan masuk jalur plafoyy,

Dua tim lain di Grup F, Kepulauan Faroe dan Malta, dengan masing-masing mendulang nilai 3, telah dipastikan gagal lolos ke putaran final Euro.

Satu pertandingan lain di Grup F pada Sabtu dini hari WIB adalah Norwegia menggasak tamunya Kepulauan Faroe 4 - 0 di Stadion Ullevaal di Oslo.

Satu tim lain yang memkastikan lolos ke putaran final setelah mencatat kemenangan dalam pertandingan pada Sabtu dini hari WIB adalah Finlandia.

Dalam pertandingan di Grup J di Telia 5G Arena di Helsinki, Finalndia menggasak tamunya Leichtenstein tiga gol tanpa balas, dua di antaranya melalui Teemu Pukki padfa menit ke-64 lewat eksekusi penalti dan pada menit 75, setelah Jasse Tuominen memnbuka skor pada menit 21.

Kemenangan itu memastika Finlandia finis sebagai runner-up Grup J di bawah Italia yang pada saat bersamaan menaklukkan tuan rumah Bosnia-Herzegovina 3 - 0 di Stadion Bilino Polje di Zenica lewat gol-gol Francesco Acerbi (21’), Lorenzon Insigne (37’), dan Andra Belotti (52’).

Sebelum laga dimulai, Italia bukan hanya telah dipastikan lolos ke pitaran final Euro, tetapi lebih dari itu telah dipastikan finis sebagai juara Grup J.

Satu pertandingan lainnya di Grup J pada Sabtu dini hari WIB ialah Yunani mengatasi tuan rumah Armenia 1 - 0.

Dengan hasil tiga laga tersebut, Italia dan Finlandia, dengan nilai 27 dan 18, meski menyisakan satu pertandingan, dipastikan finis sebagai juara dan runner-up grup serta lolos ke putaran final Euro 2020, diikuti Yunani 11, Armenia dan Bosnia masing-masing 10, serta Liechtenstein (2) di dasar klasemen.

Walaupun hanya menduduki peringkat kelima, Bosnia tetap berpeluang lolos ke putaran final jarena telah dipastikan masuk jalur playoff yang ditentukan berdasarkan hasil Nations Leagu 2018 - 2019.

Yunani juga masih berpeluang masuk jalur playoff untuk berebut empat tiket tersisa selain jatah setiap juara dan runner-up grup, sedangkan Armenia dan Liechtenstein tersingkir.

Terdapat 55 tim yang berebut 24 tiket ke putaran final Euro 2020, yang digelar di 12 negara, format yang baru diterapkan mulai edisi tahun depan.

Ke-55 tim itu terbagi dalam 10 grup. Juara dan runner up setiap grup lolos ke putaran final, sedangkan empat lainnya ditentukan melalui playoff.

Berbeda dengan edisi sebelumnya, peserta playoff bukan ditetapkan berdasarkan hasil klasemen akhir kualifikasi, melainkan mengacu pada raihan mereka di Nations League musim 2018 - 2019.

Juara bertahan Euro adalah Portugal. Dalam pertandingan final Euro 2016 di Prancis, Portugal menundukkan tuan rumah dengan skor tipis 1 - 0 melalui perpanjangan waktu.

Untujk melihat jadwal lengkap pertandingan kualifikasi Euro 2020 pada akhir pekan ini hingga pertengahan pekan depan, sila klik di sini.

Sumber : Bisnis Indonesia