Timnas Indonesia U-23 Imbangi Iran 1 - 1

Pemain Timnas Indonesia U-23 Saddil Ramdani - Antara/Sigid Kurniawan
13 November 2019 20:47 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Haroanjogja.com, JAKARTA – Timnas Indonesia U-23 menahan imbang Iran U-23 1 - 1 dalam uji coba di Stadion I Wayan Dipta di Gianyar, Bali, Rabu (13/11/2019).

Pada babak pertama ketika Indonesia dikurung habis Iran, Garuda Muda justru berhasil mencuri gol. Sebaliknya, pada babak kedua saat Indonesia bermain lebih baik dengan mendapatkan sedikitnya empat peluang emas, gawang Awan Setho malahan dijebol tim tamu.

Pada 45 menit babak pertama, tidak kurang dari delapan peluang emas untuk Iran, tetapi semua gagal. Sebagian besar menyamping bidang gawang walaupun kansnya untuk menjadi gol demikian terbuka, dan sedikitnya dua lagi dapat diselamatkan kiper Awan Setho.

Di tengah serbuan pemain Iran, anak asuh pelatih Indra Syafri justru berhasil mencuri gol pada menit ke-8 lewat Muhammad Rafli menuntaskan serangan balik yang berlangsung cepat.

Memulai babak kedua, Indra Sjafri memasukkan Saddil Ramdani, Egy Maulana Vikri, dan Osvaldo Haay. Permainan Indonesia pun menjadi lebih agresif dan mulai mampu mengimbangi penampilan Iran.

Indonesia hampir menggandakan keunggulan saat laga berjalan 1 jam lewat tendangan bebas bek Bagas Adi Nugroho. Tendangannya tajam mengarah ke gawang dan tangkapan kiper sekaligus kapten Iran Meraj Esmaeili terlepas, tapi segera bisa disergapnya lagi tanpa pemain Indonesia sempat mencocornya.

Di tengah keasyikan Indonesia mulai menekan pertahanan Iran, tamu berhasil memberikan gol balasan pada menit ke-66 juga lewat skema serangan balik yang dituntaskan oleh striker Mohammad Reza Azadi.

Selepas itu, setidaknya Indonesia memiliki empat peluang lagi, dua di antaranya melalui Sani Eizki, satu dari Egy, satu Osvaldo Haay, tetapi gagal membuahkan gol.

Pertandingan ini merupakan uji coba menjelang Timnas Indonesia U-23 bertarung di Sea Games di Filpina mulai akhir bulan ini. Bagi Iran, uji coba ini bagian persiapan ke putaran final Piala Asia U-23 Januari 2020 di Thailand.

Indonesia sendiri gagal lolos ke putaran final Piala Asia U-23, kalah bersaing di kualifikasi Maret lalu dari Vietnam dan Thailand.

Sebenarnya hanya Vietnam yang lolos ke putaran final sebagai juara Grup K. Thailand hanya runner-up terbaik kesembilan dari 11 grup sehingga sebenarnya tidak masuk empat runner-up terbaik yang ikut lolos bersama setiap juara grup. Jadi, Thailand—calon lawan Indonesia di Sea Fames Filipina—masuk putaran final Piala Asia U-23 tahun depan hanya karena bertindak sebagai tuan rumah.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia