Dibandingkan Aguero, Liverpool Lebih Takut kepada Sterling

Raheem Sterling - Reuters/Carl Recine
10 November 2019 19:17 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Sergio  Aguero menyandang predikat sebagai striker tertajam Manchester City di Liga Premier musim ini. Pemain Timnas Argentina itu menorehkan sembilan gol dari 10 laga. Namun Aguero ternyata bukan pemain yang paling dikhawatirkan Liverpool saat kedua tim bertemu di Anfield, Minggu (10/11/2019) malam WIB.

The Reds justru mewaspadai ancaman Raheem Sterling yang notabene mantan pemain mereka. Sterling sejauh ini memang baru mengemas tujuh gol di Liga Premier. Namun di seluruh kompetisi, winger Timnas Inggris itu menjadi top scorer Manchester Biru dengan catatan 14 gol dari 16 pertandingan. Lima gol dijaringkannya hanya dalam empat pertandingan terakhir di semua ajang. Tak hanya itu, Sterling turut mencatatkan lima assist. “Ia selalu menjadi ancaman besar. Saya tidak ingin menilai ini. Sepertinya dia meningkat dan terus meningkat,” ujar Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, dilansir liverpoolfc.com, Sabtu (9/11/2019).

Sterling sendiri terlibat dalam tiga gol City dari lima pertemuan terakhir dengan Liverpool di semua ajang (satu gol, dua assist). Sebiji gol tersebut disumbangkannya ketika membekuk Liverpool di Community Shield lewat adu penalti setelah duel berakhir 1-1 di waktu normal, Agustus 2019. Ketajaman tersebut tentu wajib diperhitungkan ketimbang Aguero yang tak mampu mencetak gol dalam tujuh lawatan terakhirnya ke Anfield di Liga Premier.

Winger keling in bisa benar-benar menjadi momok apabila The Reds tak segera merapatkan barisan pertahanannya. Jika musim lalu mereka terkenal sebagai tim yang paling sulit ditembus, kini Liverpool hanya mencatat tiga clean sheets di 18 laga yang sudah dijalani di semua ajang. Gawang Liverpool bahkan selalu kebobolan dalam delapan laga terakhir di Anfield. Catatan ini seperti anomali dengan rekor clean sheets di delapan dari 10 laga kandang terakhir mereka musim lalu. Klopp menilai tak hanya Sterling yang bisa mengancam rekor tak terkalahkan timnya di kompetisi domestik musim ini. Ada sejumlah pemain lain seperti Bernardo Silva, Gabriel Jesus dan Kevin De Bruyne yang bisa bikin Liverpool menderita. “Sayangnya dia [Sterling] bukanlah ancaman satu-satunya. Itulah masalah yang kami miliki,” tukas Klopp.

Liverpool sendiri punya lini serang yang tak kalah berbahaya. Di saat Mohamed Salah sedang flop, Sadio Mane mampu melejit dengan menyumbangkan 10 gol dan lima assist dari 16 pertandingan. Roberto Firmino juga berpeluang menjadi kartu as jika melihat rekam jejaknya saat melawan City. Striker Timnas Brasil itu berperan dalam tujuh gol di delapan penampilan terakhirnya melawan City di Liga Premier (empat gol, tiga assist).

Sumber : JIBI/Solopos