Seto Sebut Arif Satya Yudha Punya Potensi Berkembang Bersama PSS

Gelandang PSS Sleman Arif Satya Yudha Alkanza berebut bola dengan gelandang Bali United M Taufiq pada laga pekan ke-27 Liga 2 2019 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (6/11/2019) sore. - Harian Jogja/Jumali
06 November 2019 21:17 WIB Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, SLEMAN - Gelandang PSS Sleman Arif SatyaYudha Alkanza mengaku grogi menjalani debut sebagai penghuni starting eleven bersama PSS Sleman saat melawan Bali United pada pekan ke-27 Liga 1 2019 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (6/11/2019) sore.

Eks gelandang Protaba dan Persiba Bantul yang diberi kesempatan bermain selama 57 menit sebelum ditarik dan digantikan Dave Mustaine dalam pertandingan yang berkesudahan 0-0 ini.

“Saya tadi sempat grogi. Ke depan saya harus lebih banyak belajar dari senior-senior,” ungkap Yudha seusai pertandingan.

Yudha mengisi posisi yang ditinggalkan gelandang serang Argentina yang cedera hingga akhir musim, Brian Ferreira. Gelandang 22 tahun itu berpasangan dengan Sidik Saimima mengapit gelandang bertahan Guilherme Batata. Sementara, Dave Mustaine dan Ocvian Chanigio yang selalu bermain sejak menit pertama di dua pertandingan terakhir dicadangkan.

Formula ini rupanya sukses meredam Bali United di babak pertama. Yudha lumayan apik dengan membuat satu giringan sukses, melepas satu umpan kunci, satu kali dilanggar, dan dua kali melanggar. Dia berperan besar dalam menutup ruang gerak lini tengah Bali United. Arif dan Sidik Saimima bergantian menempel Paulo Sergio yang menjadi tumpuan serangan Bali United.

Namun, di babak kedua, Yudha terlihat kekelahan dan mulai kerepotan menghadapi barisan gelandang Bali United yang lebih berpengalaman. Dia diganti Dave dan tetap mendapat pujian dari Pelatih PSS Seto Nurdiyantoro.

“Ini debut dia [sebagai penghuni sebelas awal]. Artinya dia punya kemampuan di situ. Terapi nanti kami lihat kemampuan saat latihan. Dia bagus secara skill. Bisa seperti Brian [Brian Ferreira] dan Ricky Kambuaya, cuma visinya memang berbeda. Saya harapkan dia bisa berkembang,” terang Seto.

Yudha menjalani laga debut pada pekan lalu, saat PSS takluk 0-3 dari PSIS Semarang di Maguwoharjo. Dia masuk di menit ke-83 menggantikan Jefri Kurniawan. Yudha punya kesempatan besar untuk tampil reguler setelah Brian Ferreira absen hingga akhir musim.

Yudha didatangkan pada putaran kedua Liga 1 2019 bersama dengan dua pemain asal Persitema Temanggung, Ocvian Canigio dan Efdal Prasetyodan. Ocvian sudah lebih dahulu menembus skuat inti dan bisa diandalkan di lini tengah Super Elang Jawa.