Piala Asia U-19, Malam Ini Indonesia vs Timor Leste

Superter Timnas Indonesia. - Reuters
06 November 2019 06:02 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Timnas Indonesia U-19 segera berjuang untuk merebut satu tempat di putaran final Piala Asia U-20 edisi 2020 dengan menjalani tiga pertandingan di Grup K Pra-Piala Asia U-19. Skuat asuhan Fakhri Husaini bertindak sebagai tuan rumah.

Garuda Muda akan berjuang melewati hadangan tim kuat Korea Utara, kemudian Timor Leste dan Hong Kong. Dua matchday pertama digelar di Stadion Madya, sedangkan dua pertandingan matchday ketiga di Stadion Utama Gelora Bung Karno, keduanya di Senayan, Jakarta.

Total terdapat 46 tim yang terlibat dalam babak kualifikasi, yang terbagi menjadi 11 grup, A hingga K. Sembilan grup masing-masing terdiri atas empat tim serta dua grup berisi lima tim.

Setiap juara grup dipastikan lolos ke putaran final di Uzbekistan pada 14 - 31 Oktober tahun depan.

Selain 11 tim juara grup, yang juga lolos ke putaran final adalah empat runner up terbaik plus Uzbekistan selaku tuan rumah.

Apabila ternyata Uzbekistan tampil sebagai juara Grup F babak kualifikasi yang seluruh pertandingannya digelar di Arab Saudi atau menjadi salah satu dari empat runner up terbaik, maka tim runner up grup terbaik kelima ikut lolos ke putaran final.

Indonesia pernah menjadi juara Piala Asia U-19 yakni pada edisi 1961 yang digelar di Thailand. Indonesia ketika itu menjadi juara bersama dengan Myanmar—ketika itu masih bernama Burma—setelah laga final di Bangkok, Thailand, berakhir tanpa gol.

Selain itu, Indonesia pernah meraih posisi runner up pada edisi 1967 dan 1970. Di final edisi 1967 di Bangkok, Thailand, Indonesia kalah 0 - 3 dari Israel, yang saat itu masih menjadi anggota AFC (sekarang anggota Union of European Football Associations).

Pada edisi 1970, dalam pertandingan final Indonesia dikalahkan Myanmar juga dengan skor 0 - 3 di Manila, Filipina.

Berikut jadwal lengkap pertandingan Grup K (dalam WIB) dengan setiap pertandingan Indonesia akan disiarkan secara langsung oleh RCTI:

Rabu, 6 November:

15:30   Korea Utara vs Hong Kong

19:00   Indonesia vs Timor Leste

Jumat, 8 November:

15:30   Timor Leste vs Korea Utara

19:00   Hong Kong vs Indonesia

Minggu, 10 November:

15:30   Timor Leste vs Hong Kong

19:00   Indonesia vs Korea Utara.

Sumber : Bisnis Indonesia