Niko Kovac Mundur, Bayern Incar Allegri

Niko Kovac - Reuters/Ralph Orlowski
04 November 2019 17:17 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pelatih Niko Kovac mundur dari Bayern Munchen setelah kekalahan telak 1-5 dari Eintracht Frankfurt pada pekan ke-10 Bundesliga Jerman, Sabtu (2/10/2019).

Kovac, yang membesut Frankfurt sebelum melatih Bayern, sebenarnya tergolong sukses dengan mempersembahkan trofi Bundesliga dan DFB Pokal musim lalu. Kovacm eks gelandang Bayern, bahkan menjadi orang pertama dalam sejarah klub yang bisa memenangi Bundesliga sekaligus DFB Pokal dalam satu musim sebagai pelatih maupun pemain.

Namun, musim ini Bayern tersendat setelah mengalami dua kali kekalahan, terakhir dari Frankfurt, dan tiga kali imbang. Bayern kini tertahan di peringkat keempat dengan koleksi 18 poin, tertinggal empat poin dari Borussia Moenchengladbach di peringkat pertama.

“Ini adalah keputusan tepat. Hasil buruk dan cara kami bermain membuat saya mengambil keputusan ini,” kata Kovac di situ resmi klub.

Kovac mundur bersama adiknya, Robert, yang menjadi asisten pelatih. Baik Robert maupun Niko adalah mantan pemain Bayern.

“Saya dan adik saya mengucapkan terima kasih untuk Bayern untuk masa-masa indah selama satu setengah tahun.”

Bayern untuk sementara dilatih asisten pelatih Hans-Dieter Flick yang akan menangani klub untuk laga Liga Champions melawan Olympiakos tengah pekan ini dan menghadapi Borussia Dortmund di Bundesliga akhir pekan nanti.

“Performa tim di pekan-pekan terakhir membuat kami sampai pada keputusan ini. Manajemen klub telah berunding dengan Niko dan sepakat dia tak lagi menjadi pelatih Bayern,” kata CEO Bayern  Karl-Heinz Rummenigge.

Dikutip dari Bild, Senin (4/11/2019), Bayern memulai memburu pelatih baru. Nama yang paling diincar adalah eks pelatih Juventus, Massimiliano Allegri yang masih menganggur usai pisah jalan dengan Si Nyonya Tua pada akhir musim lalu.