Presiden Jokowi Berharap Ketua Umum PSSI yang Baru Miliki Integritas

Presiden Joko Widodo saat berfoto bersama Tim Garuda Muda. - Antara
01 November 2019 23:27 WIB Yodie Hardiyan Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo berharap Ketua Umum PSSI yang baru memiliki integritas dan membawa kemajuan sepak bola Indonesia. Pernyataan itu disampaikan oleh Presiden dalam pertemuan dengan wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (1/11/2019).

Seperti diketahui, PSSI akan menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) pada Sabtu (2/11/2019) untuk memilih Ketua Umum baru dan jabatan-jabatan lainnya di lingkungan federasi sepak bola nasional itu.

"Kita hanya berharap agar yang menjadi Ketua Umum PSSI betul-betul memiliki integritas yang baik dan bisa membawa kemajuan bagi sepakbola di tanah air apalagi kita ini tahun 2021 akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20," kata Jokowi.

Presiden Jokowi mengatakan pemerintah tidak bisa ikut campur atau intervensi pemilihan Ketua Umum PSSI. Menurutnya, Statuta federasi sepakbola dunia, FIFA, juga tidak memungkinkan hal tersebut.

Jokowi mengingatkan pesannya untuk Menteri Pemuda dan Olahraga yang baru saja dilantik, Zainudin Amali, untuk mengembangkan sepakbola Indonesia, termasuk persiapan tim sepakbola U-20 dari sekarang.

"Persiapannya betul-betul, persiapan yang panjang. Nanti kita enggak mau penyelenggaraan Piala Dunia U-20-nya sukses, (tapi) timnya jauh dari keinginan kita. Jangan sampai. Paling tidak bisa masuk final alhamdulillah, bisa semifinal juga alhamdulillah," kata Jokowi.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia