Asosiasi Profesor Sambut Gembira Pemilihan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Stadion Mandala Krida. - Harian Jogja/Galih Eko Kurniawan
25 Oktober 2019 17:57 WIB Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Asosiasi Profesor Keolahragaan Indonesia (Apkori) menyambut gembira pemilihan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Apkori mengharapkan pemerintah bersama pemangku kepentingan lainnya mulai menyiapkan diri menghadapi turnamen sepak bola prestisius tersebut.

“Pemerintah perlu mempersiapkan dua hal, yakni penyelenggaraan dan prestasi tim nasional,” kata Ketua Apkori, Djoko Pekik Irianto, Jumat (25/10/2019).

Djoko yang juga ketua KONI DIY ini menmgatakan ada tiga hal perlu diperhatikan dalam persiapan. Pertama, sumber daya manusia (SDM) yang diterjunkan menangani event itu. Kedua, infrastruktur seperti stadion berstandar dunia dan sarana pendukung lainya seperti hotel. “Yang ketiga adalah terkait hospitality [keramahan menyambut tamu] masyarakat,” lanjutnya.

Djoko juga memandang perlu persiapan kata dia.

Mantan Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora RI ini meminta agar pencarian pemain Timnas Indonesia ini tidak lagi melalui naturalisasi. 

“Setelah tim terbentuk, dilatih pelatih yang paham karakter sepak bola Indonesia. Jika dilatih oleh pelatih asing hal itu tidak masalah, asal didampingi pelatih lokal yang berkualitas dan berpengalaman,” terang Djoko.

Selain itu, Timnas Indonesia perlu menjalani pemusatan latihan di negara maju dan mengikuti banyak turnamen. “Tentunya dengan konsekuensi, pemain harus fokus dan tidak diganggu klub asalnya. Biarkan pemain fokus untuk Piala Dunia.”