Eropa Jadi Panggung Pelampiasan untuk Dua Klub Elite Inggris

Harry Kane - Reuters/Hannah McKay
24 Oktober 2019 19:27 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Tottenham Hotspur dan Manchester City menjalani awal musim yang cukup sulit, terutama di kompetisi domestik.

Pelatih Spurs  Mauricio Pochettino bahkan diisukan segera didepak setelah gagal menang di dua laga terakhir Liga Premier Inggris.

Setelah dipermalukan Brighton & Hove Albion dengan skor 3-0, Spurs ditahan imbang 1-1 oleh tim papan bawah Watford di hadapan publiknya sendiri pekan lalu. Deretan hasil negatif itu membuat Harry Kane dkk. tertahan di peringkat ketujuh Liga Premier. Malah dalam 12 pertandingan awal di semua ajang, hanya tiga kemenangan yang diraih Tottenham.

Beruntung Spurs segera mendapatkan titik balik di ajang Liga Champions. Bermain di Tottenham Hotspur Stadium, Rabu (23/10/2019) dini hari WIB, Lilywhites sukses menghajar Red Star Belgrade lima gol tanpa balas! Harry Kane dan Son Heung-Min masing-masing bikin dua gol, satu gol lain dicetak Erik Lamela. Pesta gol ini juga menjadi penawar luka saat Spurs dibantai Bayern Munich dengan skor 2-7 di pekan kedua Liga Champions. “Bagus, ini benar-benar sesuatu yang perlu kami lakukan. Kami tahu kami punya rangkaian hasil sulit dan ini adalah cara sempurna untuk merespons,” ucap Kane seperti dilansir BT Sport, Rabu.

Kemenangan besar itu sekaligus menjadi modal jelang laga tandang melawan Liverpool di Liga Premier akhir pekan ini. The Reds jelas bukan lawan sembarangan. Meski baru saja ditahan Manchester United 1-1, mereka masih tercatat belum terkalahkan di sembilan laga awal kompetisi domestik. “Semoga kami bisa membangun momentum dari sini,” imbuh Kane.

Sementara itu, Manchester City juga menjadikan ajang Liga Champions sebagai pemulih moral setelah menghajar Atalanta dengan skor 5-1. Kemenangan itu membuat The Citizens meraih poin sempurna dari tiga laga awal yang membuat mereka selangkah lagi lolos dari fase grup. Raheem Sterling kembali menjadi bintang tim lewat torehan hattrick ke gawang La Dea, julukan Atalanta. Sergio Aguero tak mau kalah dengan menyumbang dua gol. Hasil tersebut lumayan menjadi penyuntik semangat City setelah mereka sempat dijegal Wolverhampton Wanderers dengan skor 0-2 di kandang sendiri.

“Ini adalah hasil yang sangat bagus mengingat cara bermain mereka. Penjagaan mereka adalah man to man di seluruh penjuru lapangan, bikin tidak nyaman. Kami tak terbiasa melawan tim-tim seperti ini,” ungkap Pelatih City, Josep “Pep” Guardiola seperti dilansir BBC.

Secara khusus Pep memuji Sterling yang konsisten mempertahankan performa moncer. Sang winger sudah mencetak 12 gol dalam 13 laga di semua ajang bersama City. Dia juga menyumbang empat assist. “Pujian tinggi untuknya. Dia merupakan orang yang luar biasa dari sisi fisik, dia sangat kuat,” kata Pep. Sayang kemenangan tersebut harus dibayar dengan cedera Rodri. Sang gelandang mengalami cedera hamstring dan harus ditarik di akhir babak pertama.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia